9 Macam Alat Berat Tambang dan Kegunaannya

Alat Berat Tambang

9 Macam Alat Berat Tambang dan Kegunaannya – Industri alat berat adalah salah satu industri yang dekat dan selalu bersentuhan dengan sektor tambang. Bagaimana tidak, kebutuhan industri pertambangan memang tidak bisa lepas dari hal-hal yang bersifat raksasa. Hal ini memang menyesuaikan dengan kebutuhan sektor pertambangan. Skala pengerukan hingga pengangkutan di area tambang adalah skala yang tidak bisa disamakan dengan di tengah pemukiman. Kebutuhan material dalam jumlah sangat banyak tentunya membutuhkan alat-alat dengan kapasitas raksasa guna memaksimalkan efisiensi waktu dan biaya.

Bayangkan saja, mulai dari truk terbesar di dunia, alat berat terbesar, bahkan sampai ban alat berat terbesar di dunia, semuanya dikuasai oleh alat berat atau kendaraan tambang. Namun, wajib diingat bahwa dengan skala alat-alat raksasa tentu saja sebagai manusia yang berkecimpung di sektor ini wajib memperhatikan keselamatan kerja. Sampai-sampai ada aturan di Undang-Undang yang mengatur terkait kriteria kecelakaan tambang karena pentingnya hal ini untuk setiap individu di lokasi.

Di area pertambangan itu sendiri ada beberapa macam alat berat yang bisa dibilang selalu ditemui. Berikut adalah daftar macam-macam alat berat tambang beserta kegunaannya masing-masing.

9 Macam Alat Berat Tambang

1. Dump Truck

Yang pertama tentu saja dump truck. Sudah menjadi barang pasti alat berat kelas earthmover ini menjadi salah satu yang terpenting di pertambangan. Dump truk adalah kendaraan tambang yang menjadi tulang punggung utama dalam urusan pengangkutan material dari lokasi satu ke lokasi lainnya. Hal ini tentunya menjadikan dump truk sebagai salah satu alat sentral dalam industri pertambangan. Jika ada pertanyaan terkait istilah untuk mobil tambang atau mobil alat berat dinamakan apa, maka pertanyaan itu merujuk pada alat berat tambang yang satu ini. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa dump truk tambang sendiri ada beberapa jenis.

Beli Ban Cicilan

– Dump Truck Tipper

Dump truck tambang yang satu ini biasanya berukuran normal layaknya truk yang ada di jalanan. Seperti halnya truk pada umumnya, alat berat ini juga digunakan untuk memindahkan material dari satu tempat ke tempat lainnya. Dilengkapi dengan bak terbuka yang dapat diangkat menggunakan hidrolik untuk memudahkan pengosongan material di lokasi pengiriman. Mobil tambang ini banyak ditemukan di tambang batu bara dan tambang lainnya.

Truk jenis ini memang tidak bisa mengangkut material sebanyak jenis dump truck tambang lainnya, namun perawatan dan suku cadangnya relatif lebih terjangkau dan ringan. Bahkan ukuran bannya saja sama seperti ukuran ban truk ukuran medium dan truk berat, yaitu antara ban 1000 20, ban 1100, atau ban 12.00R20.

Dump truck tipper

– HD Rigid Dump Truck

Jenis dump truck selanjutnya ada HD Rigid Dump Truck atau biasa juga disebut Heavy Duty Truck. Singkatnya, sesuai namanya, rigid dump truk adalah truk tambang yang kaku dan tidak fleksibel karena menyatu antara bagian kepala dan dump atau bak. Lebih lengkapnya Anda bisa membacanya di artikel kami mengenai rigid dump truk dan jika Anda membutuhkan ban dump truk yang cocok untuk tipe truk tersebut, Tiberman menyediakan berbagai macam ukuran, tipe tapak, hingga jenis konstruksi bias dan radial.

HD Rigid Dump truck

– Articulated Dump Truck

Jenis yang terakhir adalah Articulated Dump Truck atau biasa disingkat ADT. Berbeda dengan HD rigid, ADT merupakan jenis dump truck yang fleksibel karena antara kepala dan dump atau badan truk terpisah. Dengan begitu, ADT dapat bergerak dengan lebih leluasa dibandingkan rigid dump truck. Jalanan yang berkelok-kelok menjadi bagian ADT untuk mengangkut material.

2. Loader

Alat berat tambang yang kedua adalah loader. Loader atau wheel loader adalah alat berat yang mirip dengan bulldozer. Alat yang satu ini difungsikan untuk mengambil dan memindahkan material. Ciri khas loader adalah adanya sekop atau ember di bagian depannya yang menjadi senjata utamanya untuk bekerja mengambil material maupun memindahkannya. Alat yang satu ini wajib ada di area pertambangan. Memang ada beberapa jenis loader, tetapi fungsi utamanya tetaplah sama. Untuk Anda yang membutuhkan ban loader, Anda juga bisa membelinya di toko ban alat berat Tiberman.

Ban Loader

3. Grader atau Motor Grader

Selanjutnya adalah grader atau biasa juga disebut motor grader. Apa itu motor grader? Motor grader adalah salah satu alat berat yang wajib ada di area pertambangan. Fungsi utamanya adalah melakukan pembersihan jalur yang akan dilewati dump truck. Alat inilah yang harus selalu ada di setiap beberapa kilometer dan terus berpatroli guna memastikan tidak ada bebatuan yang mengganggu di tengah jalur truk tambang. Selain untuk menjaga keselamatan, juga mengurangi resiko adanya batu yang melukai ban dump truck.

Motor Grader

4. Excavator

Excavator adalah alat berat yang sepertinya bukan hanya di area pertambangan kita temui. Alat berat ini bisa dibilang selalu ada di mana ada penggalian. Dengan belalai dan bucket di ujungnya, excavator adalah alat berat wajib dalam setiap penggalian. Biasanya, di area pertambangan excavator akan melayani beberapa dump truck. Menggali, lalu memasukkan hasil galian (material) masuk ke bak truk hingga penuh.

Excavator

Uniknya, bucket pada excavator ini bisa diganti dengan perangkat lain menyesuaikan kebutuhan pekerjaan apa yang dilakukan oleh excavator. Maka dari itu, alat ini tidak hanya ditemui di area tambang akan tetapi di lokasi konstruksi juga. Namun memang excavator dengan ukuran raksasa umumnya berada di tambang. Excavator tambang sendiri juga biasa disebut dengan shovel yang memiliki ukuran raksasa dan bucket yang unik.

5. Roller

Alat berat tambang yang selanjutnya adalah roller atau juga disebut vibro. Alat yang satu ini difungsikan untuk meratakan tanah, kerikil, pasir, atau permukaan lain. Intinya roller digunakan untuk meratakan permukaan. Perbedaannya dengan motor grader adalah, jika grader meratakan dengan cara menyisir permukaan tanah dan membuang atau menyingkirkan gundukan, maka roller meratakan dengan cara melindas atau menekan permukaan yang tidak rata agar menjadi rata. Roller sendiri juga tidak hanya digunakan di area pertambangan. Menyesuaikan dengan kebutuhan, jenis roller juga berbeda-beda. Namun umumnya, roller memiliki semacam tabung dari besi yang digunakan untuk meratakan dan melindas permukaan tanah, kemudian di bagian belakang, sebagai penopang gerakannya, menggunakan ban vibro.

6. Bucket Wheel Excavator

Nah, yang satu ini alat yang benar-benar ekstra berat. Ukurannya luar biasa raksasa jika dibandingkan dengan alat berat lainnya. Jika truk terbesar di dunia memiliki panjang hampir 21 meter, maka itu barulah ukuran roda bucket-nya saja. Total panjang dari alat berat yang satu ini bisa mencapai 225 meter dan tinggi 96 meter. Perbedaan Bucket Wheel Excavator (BWE) dengan excavator pada umumnya adalah, BWE memiliki banyak bucket pada sisi luar roda bucket-nya. Selain itu, BWE juga bisa melakukan penggalian terus-menerus sesuai dengan perputaran dari roda bucket-nya. Maka dari itu, alat super berat ini juga disebut dengan continously digging machine atau mesin penggali terus-menerus. BWE sendiri digunakan di pertambangan terbuka atau surface mining karena memang ukurannya yang terlalu raksasa.

Bucket Wheel Excavator

7. Bulldozer

Alat berat tambang yang berikutnya adalah bulldozer, atau juga biasa disebut dozer. Alat yang satu ini sebenarnya mirip dengan loader, namun bentuk blade pada bulldozer tidak memiliki kelengkungan seperti pada loader karena memang fungsi keduanya berbeda. Jika bucket pada loader digunakan juga untuk mengangkut material, maka pada bulldozer hanya digunakan untuk menggusur apa yang ada di depannya. Maka dari itu fungsi utama dari bulldozer dalam pertambangan adalah untuk meratakan lahan saat pembukaan lahan. Biasanya di area yang akan dibuka sebagai lahan pertambangan sudah ada pepohonan dan semak belukar, maka di situlah peran bulldozer dibutuhkan untuk meratakannya agar tidak mengganggu kegiatan penambangan ke depannya.

Bulldozer

Perbedaan lainnya dengan loader adalah, bulldozer tidak menggunakan ban, melainkan menggunakan track sebagai kaki, seperti halnya excavator atau tank. Sedangkan loader menggunakan ban loader yang serupa dengan ban kendaraan pada umumnya.

8. Scrapper

Selanjutnya masih diisi oleh alat berat tambang yang difungsikan untuk membersihkan lahan atau jalur. Scrapper merupakan salah satu pembersih lahan lain selain grader dan bulldozer. Perbedaan scrapper dengan alat berat lainnya adalah alat ini bisa digunakan dengan normal dan efisien di lahan yang basah. Jadi tidak perlu untuk menunggu lahan kering baru dibersihkan, langsung bisa digunakan kapan saja. Bahkan untuk lokasi-lokasi yang keras dan berbatu, alat yang satu ini juga bisa bekerja dengan optimal.

Scrapper

Biasanya, pada pertambangan batu bara alat yang satu ini digunakan untuk membersihkan bagian permukaan sebelum digali menggunaka excavator. Hal ini karena batu bara biasanya masih ditutupi material atau tanah yang sebanrnya tidak dibutuhkan sehingga harus dibersihkan terlebih dahulu agar nantinya proses penggalian dan pengangkutan material bisa lebih efektif dan efisien.

9. Rubber Belt Conveyor

Rubber Belt Conveyor adalah komponen kunci dalam industri pertambangan yang digunakan untuk mengangkut material curah seperti batubara, bijih, pasir, dan batu dari area penambangan ke lokasi pengolahan atau penyimpanan. Sabuk karet ini dirancang khusus untuk menahan tekanan dan keausan yang tinggi yang sering terjadi dalam operasi pertambangan. Conveyor ini sering memiliki struktur berat yang kuat untuk menangani beban berat dan berbagai kondisi lingkungan yang keras di area pertambangan.

Rubber Belt Conveyor

Sistem Rubber Belt Conveyor di pertambangan memiliki peran krusial dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Mereka memungkinkan pengangkutan material dalam jumlah besar secara terus menerus, mengurangi kebutuhan tenaga kerja manual, dan meminimalkan risiko cedera. Selain itu, konveyor ini dapat diatur untuk mengangkut material ke berbagai tinggi dan jarak, sehingga memudahkan dalam proses pemrosesan dan transportasi di area pertambangan. Dengan desain dan material yang tahan lama, Rubber Belt Conveyor merupakan solusi vital dalam industri pertambangan yang memerlukan pengangkutan material yang efisien dan andal.

Nah, itulah 9 macam alat berat yang sering terlihat dan memang banyak digunakan di area pertambangan. Apakah itu pertambangan terbuka atau dalam tanah.

Sebagai info, semua alat berat tambang di atas yang menggunakan ban, semuanya tersedia di toko ban alat berat Tiberman. Anda tinggal mencari ban alat berat apa yang Anda sedang butuhkan. Tentunya dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik ya. Karena kami berkomitmen untuk memberikan solusi, bukan hanya berjualan semata.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *