Deretan Alat Berat Terbesar di Dunia

Alat berat terbesar di dunia

Setelah membahas truk terbesar di dunia dan ban terbesar di dunia, mungkin saja kalian berpikir apakah truk-truk tersebut masuk ke dalam alat berat terbesar di dunia. Memang, membicarakan alat berat selalu menarik, selain nilai gunanya yang tinggi, tentu saja ukurannya menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan.

Sesuai dengan ukurannya yang raksasa, tentunya membutuhkan lokasi atau tempat yang dapat menampung ukurannya. Tentunya tidak mungkin ditempatkan di tengah kota, kemungkinan besar adalah di lokasi dengan hamparan luas. Jika membicarakan hamparan luas, maka kita akan otomatis memikirkan laut atau area pertambangan.

Ternyata, alat berat terbesar di dunia masih didominasi oleh alat berat tambang. Memang alat-alat berat yang ada di area pertambangan ukurannya di luar nalar kita yang tinggal di desa ataupun kota. Nah, berikut Tiberman akan menunjukkan deretan alat berat dengan ukuran terbesar di dunia.

Deretan Alat Berat Terbesar di Dunia

1. Takraf RB293

Yang pertama sekaligus terbesar di dunia ternyata golongan excavator atau pengeruk, lebih tepatnya adalah Bucket Wheel Excavator. Takraf RB293 adalah sebuah mesin penggali raksasa yang diproduksi oleh perusahaan Jerman bernama Takraf. Mesin ini dirancang khusus untuk pekerjaan penggalian atau pengerukan yang membutuhkan kapasitas yang besar dan efisiensi tinggi.

Takraf RB293 (Alat Berat Terbesar di Dunia)

RB293 adalah mesin penggali sekaligus alat berat terbesar di dunia pada saat ini. Alat ini memiliki berat sekitar 14.196 ton, tinggi sekitar 94.5 meter, dan panjang mencapai 220 meter. RB293 dilengkapi dengan berbagai sistem dan peralatan canggih untuk memastikan efisiensi operasional yang maksimal. Mesin ini dilengkapi dengan sistem conveyor yang panjangnya mencapai puluhan meter untuk mengangkut material hasil galian dari terowongan. Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin udara yang kuat untuk menjaga suhu di dalam mesin agar tetap terkendali.

Keuntungan utama dari penggunaan RB293 adalah kemampuannya dalam menggali terowongan dengan cepat dan efisien.dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode penggalian tradisional. Selain itu, kapasitas galian yang besar juga memungkinkan proyek-proyek skala besar untuk diselesaikan lebih cepat.

Namun, meskipun RB293 memiliki banyak keunggulan, penggunaannya juga memiliki beberapa tantangan. Mesin ini membutuhkan tempat kerja yang luas dan harus dioperasikan oleh operator yang terlatih. Selain itu, biaya investasi awal yang tinggi juga menjadi pertimbangan dalam memilih penggunaan mesin ini.

Beli Ban Cicilan

2. Bagger 288

Urutan kedua masih dipegang oleh golongan excavator, dan masih pada jenis yang sama yaitu Bucket Wheel Excavator. Kali ini adalah Bagger 288.

Bagger 288 dirancang dan dibangun oleh perusahaan Jerman bernama Krupp untuk digunakan dalam industri pertambangan dan penggalian. Mesin ini memiliki dimensi yang luar biasa, dengan panjang sekitar 215 meter, tinggi sekitar 96 meter, dan berat sekitar 13.500 ton. Alat berat ini didukung oleh 12 kaki raksasa yang memungkinkannya bergerak di atas rel rel dan menggali dengan kecepatan yang tinggi.

Bagger 288 (Alat Berat Terbesar di Dunia)

Bagger 288 digerakkan oleh 16 motor listrik yang kuat dan dilengkapi dengan conveyor belt yang panjangnya mencapai 100 meter. Mesin ini memiliki ember penggali raksasa yang berputar dengan diameter sekitar 21 meter. Ember ini digunakan untuk menggali batu, tanah, dan material lainnya, dan kemudian dipindahkan ke conveyor belt untuk diangkut ke tempat yang dituju.

Bagger 288 digunakan terutama dalam industri pertambangan terbuka, di mana ia dapat menggali tanah, batu bara, bijih besi, atau bahan galian lainnya dengan efisiensi tinggi. Mesin ini juga dapat digunakan dalam proyek penggalian terowongan besar.

Keuntungan utama dari penggunaan Bagger 288 adalah kemampuannya dalam menggali dan memindahkan material dalam jumlah yang sangat besar dengan cepat. Mesin ini memungkinkan penggalian tambang dan terowongan dilakukan secara efisien, menghemat waktu dan biaya. Selain itu, ukurannya yang besar memungkinkannya untuk mengatasi tantangan penggalian dalam skala yang lebih besar.

Namun, penggunaan Bagger 288 juga memiliki tantangan. Mesin ini membutuhkan tempat kerja yang luas dan harus dioperasikan oleh operator yang terlatih. Transportasi dan perakitan mesin ini juga bisa menjadi tugas yang rumit.

Secara keseluruhan, Bagger 288 adalah mesin penggali tambang dan terowongan raksasa yang telah digunakan secara luas dalam industri pertambangan dan penggalian. Dengan ukurannya yang luar biasa dan kemampuan penggaliannya yang efisien, mesin ini telah membantu mempercepat proyek-proyek penggalian dan pertambangan di seluruh dunia.

3. Hitachi EX 8000-6

Berikutnya masih diisi oleh excavator lagi, namun jenis yang berbeda, kali ini adalah Hydraulic Shovel. Salah satu jenis excavator berukuran raksasa yang banyak digunakan di proyek-proyek besar seperti pertambangan.

Hitachi EX8000-6 adalah salah satu mesin penambangan dan penggalian terbesar yang diproduksi oleh perusahaan Jepang, Hitachi Construction Machinery Co., Ltd. Mesin ini termasuk dalam kategori excavator tambang atau hydraulic shovel excavator dan digunakan terutama dalam industri pertambangan batu bara dan penambangan terbuka. Hitachi EX8000-6 adalah salah satu di antara excavator terbesar di dunia bersama dengan excavator shovel lainnya.

Hitachi EX8000-6

Berikut adalah beberapa informasi umum mengenai Hitachi EX8000-6:

Dimensi dan Berat: Hitachi EX8000-6 memiliki berat operasional sekitar 825 ton dan memiliki dimensi yang mengesankan. Panjang jangkauan horizontal alat berat ini adalah 18,5 meter, lebar badan sekitar 10,67 meter, dan tinggi sekitar 9,9 meter. Struktur besar ini memungkinkan alat ini untuk melakukan penggalian yang efisien dalam skala besar.

Kapasitas Kerja: Mesin ini dilengkapi dengan ember (bucket) dengan kapasitas besar yang dapat menampung hingga sekitar 40 hingga 42 meter kubik material. Ember ini dirancang khusus untuk menggali dan memuat material seperti tanah, batubara, dan bijih dengan efisiensi tinggi.

Sistem Tenaga: Hitachi EX8000-6 ditenagai oleh dua motor diesel berkekuatan tinggi yang masing-masing menghasilkan daya sekitar 1450 kW. Mesin ini menggunakan sistem hibrida dengan penggunaan motor listrik tambahan yang membantu dalam mengontrol konsumsi bahan bakar dan meningkatkan efisiensi operasional.

Fitur Operasional: Mesin ini dilengkapi dengan teknologi canggih untuk meningkatkan kinerja dan keamanan operasional. Fitur-fitur seperti sistem kontrol yang terintegrasi, sistem pelumasan otomatis, sistem monitorisasi kondisi, dan kontrol kebisingan membantu meningkatkan efisiensi, keandalan, dan keamanan dalam pengoperasian mesin ini.

Hitachi EX8000-6 adalah salah satu excavator tambang terbesar di dunia dengan kapasitas kerja dan dimensi yang mengesankan. Mesin ini digunakan di berbagai lokasi pertambangan terbuka di seluruh dunia untuk melakukan penggalian dan memuat material dalam jumlah besar dengan efisiensi tinggi.

4. Liebherr 996 Hydraulic Shovel

Liebherr 996 Hydraulic Shovel adalah salah satu jenis mesin penambangan dan penggalian besar yang diproduksi oleh perusahaan Jerman, Liebherr Group. Mesin ini termasuk dalam kategori shovel excavator dan biasanya digunakan dalam industri pertambangan, penggalian, dan penambangan terbuka. Sekali lagi, masih excavator yang menjadi penguasa alat berat terbesar di dunia.

Liebherr 996 Hydraulic Shovel (Alat Berat Terbesar di Dunia)

Berikut ini beberapa informasi umum mengenai Liebherr 996 Hydraulic Shovel:

Dimensi dan Berat: Liebherr 996 memiliki berat operasional yang bervariasi tergantung pada konfigurasi dan peralatan yang digunakan. Versi standarnya memiliki berat sekitar 672 hingga 745 ton. Dimensi alat berat ini memiliki jangkauan panjang sekitar 21 meter, lebar sekitar 8,2 meter, dan tinggi sekitar 8,8 meter.

Kapasitas Kerja: Mesin ini dilengkapi dengan ember (bucket) dengan kapasitas besar yang bervariasi tergantung pada konfigurasi dan kebutuhan pengguna. Kapasitas ember Liebherr 996 dapat mencapai sekitar 33 hingga 34 meter kubik, memungkinkan mesin ini untuk menggali dan memuat material dalam jumlah besar.

Sistem Hidrolik: Liebherr 996 menggunakan sistem hidrolik yang kuat untuk menggerakkan ember dan lengan kerja. Sistem hidrolik ini memberikan daya dan kontrol yang tinggi, memungkinkan mesin ini untuk melakukan penggalian dengan presisi dan efisiensi tinggi.

Fitur Operasional: Liebherr 996 dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi terbaru untuk meningkatkan kinerja dan keamanan operasional. Mesin ini memiliki sistem kontrol yang canggih, sistem monitoring kondisi, sistem pelumasan otomatis, dan fitur-fitur keamanan seperti sistem pencegahan tumpuan berlebihan (overload protection system) untuk menjaga keandalan dan efisiensi operasional.

Liebherr 996 Hydraulic Shovel digunakan di berbagai aplikasi penambangan terbuka di seluruh dunia. Mesin ini dapat menggali dan memuat berbagai jenis material seperti batu bara, bijih, pasir, dan tanah dengan efisiensi tinggi. Dengan ukurannya yang besar dan fitur-fitur yang canggih, Liebherr 996 membantu meningkatkan produktivitas dan keefektifan dalam operasi pertambangan dan penggalian.

5. Belaz 75710

Akhirnya truk tambang masuk dalam jajaran alat berat terbesar di dunia. Truk tambang terbesar di dunia, Belaz 75710 menjadi alat berat terbesar ke-5.

Belaz 75710

Truk yang diproduksi di Belarus ini memiliki dimensi yang mengesankan, dengan panjang 20.6 meter, lebar 9.87 meter, dan tinggi 8.165 meter. Ukuran yang setara dengan tiga lantai rumah ini memungkinkannya untuk memiliki kapasitas angkut yang mencapai 496 ton sekali jalan. Kecepatan maksimum yang dapat dicapai oleh Belaz 75710 adalah 64 km/jam, dengan berat total kendaraan (GVW/Gross Vehicle Weight) mencapai 810 ton. Kecepatan yang luar biasa ini dapat dicapai berkat penggunaan mesin diesel 16 silinder dengan turbo kompresor yang menghasilkan tenaga hingga 2332 bhp. Banyak perusahaan tambang di Rusia yang menggunakan dump truk tipe ini. Truk sebesar ini tentunya harus menggunakan ban dump truck yang berkualitas dan teruji ketahanannya. Selain untuk menopang bodi dan material yang diangkut, juga demi keselamatan pengemudinya.

6. Caterpillar 797F

Selanjutnya kembali diisi oleh dump truck tambang, yaitu Caterpillar 797F. Truk tambang terbesar kedua ini menjadi alat berat terbesar ke-6 di dunia.

Caterpillar 797F

Caterpillar 797F juga termasuk dalam kategori truk terbesar di dunia dengan kapasitas angkut hingga 364 ton. Meski lebih kecil dibandingkan dengan Belaz 75710, dimensinya masih mengesankan dengan panjang 15.08 meter, lebar 9.755 meter, dan tinggi 7.709 meter. Meskipun memiliki bobot GVW yang mencapai 623.7 ton, truk ini mampu mencapai kecepatan maksimum 68 km/jam berkat mesin diesel C175-20 yang dilengkapi dengan turbo kompresor 20 silinder. Caterpillar 797F merupakan produk dari perusahaan asal Amerika Serikat (AS). Sama dengan dump truck tambang sebelumnya, alat berat raksasa yang satu in juga membutuhkan ban alat berat dengan kualitas terbaik demi keamanannya.

7. Bucyrus MT 6300AC

Selanjutnya juga masih dump truk. Truk yang awalnya dari Terex ini kemudian menjadi Bucyrus karena diakuisisi oleh Bucyrus.

Bucyrus MT 6300AC

Truk ini awalnya diperkenalkan pada tahun 2008 oleh perusahaan Amerika Serikat bernama Terex dengan nama unit Terex MT 6300AC. Namun, pada tahun 2010, perusahaan ini diakuisisi oleh Bucyrus, sehingga truk tersebut kemudian dikenal sebagai Bucyrus MT 6300AC. Truk angkut tambang ini memiliki bobot GVW sebesar 603 ton, dengan dimensi panjang 15.57 meter, lebar 9.7 meter, dan tinggi 7.92 meter.

Ketiga dump truk di atas memiliki ukuran ban dump truck yang sama, yaitu 59/80R63. Salah satu ukuran ban terbesar di dunia yang masih terus digunakan dan diproduksi.

8. Komatsu D575A

Komatsu D575A adalah salah satu jenis bulldozer terbesar yang diproduksi oleh perusahaan Jepang, Komatsu. Bulldozer ini memiliki kekuatan dan ukuran yang mengesankan, dan sering digunakan dalam proyek-proyek konstruksi skala besar dan penambangan.

Komatsu D575A

Berikut ini beberapa informasi umum mengenai Komatsu D575A:

Dimensi dan Berat: Komatsu D575A memiliki dimensi yang besar. Panjangnya sekitar 11,72 meter, lebarnya sekitar 7,4 meter, dan tingginya sekitar 4,88 meter. Berat operasionalnya mencapai sekitar 152 ton, menjadikannya salah satu bulldozer terberat di dunia.

Kekuatan dan Tenaga: Bulldozer ini ditenagai oleh mesin diesel berkekuatan tinggi. Model terbaru, yaitu Komatsu D575A-3 Super Dozer, dilengkapi dengan mesin turbocharged V12 yang mampu menghasilkan tenaga hingga sekitar 1150 tenaga kuda (860 kW). Tenaga ini memungkinkan bulldozer ini untuk menangani pekerjaan yang berat dan menggerakkan material dengan efisiensi tinggi.

Kapasitas Blade: Komatsu D575A dilengkapi dengan blade (pisau) yang besar dan kuat. Blade ini memiliki lebar sekitar 7,4 meter dan tinggi sekitar 1,9 meter, memungkinkan bulldozer ini untuk mendorong dan menggerakkan material dalam jumlah besar dengan mudah.

Penggunaan: Bulldozer ini sering digunakan dalam proyek-proyek konstruksi besar, penambangan, dan pekerjaan pemadatan tanah. Bulldozer ini dapat digunakan untuk menggali, mendorong, dan meratakan tanah, serta memindahkan material seperti tanah, pasir, kerikil, dan batu.

Komatsu D575A adalah bulldozer yang kuat dan efisien dalam menangani pekerjaan konstruksi dan penambangan yang berat. Dengan ukuran dan tenaganya yang besar, bulldozer ini memungkinkan untuk melakukan tugas-tugas berat dengan kecepatan dan produktivitas yang tinggi.

9. 1850B Bucyrus-Erie “Big Brutus”

1850B Bucyrus-Erie “Big Brutus” adalah shovel mesin penambangan yang terkenal dan menjadi ikon industri pertambangan batubara. Dikenal sebagai “Big Brutus”, mesin ini dulunya digunakan untuk penggalian batubara di tambang di Kansas, Amerika Serikat.

Big Brutus

Berikut adalah beberapa informasi tentang 1850B Bucyrus-Erie “Big Brutus”:

Dimensi dan Berat: Big Brutus memiliki dimensi yang mengesankan. Tingginya mencapai sekitar 53 meter (175 kaki) dan beratnya sekitar 11 juta pound (5.000 ton). Strukturnya yang besar dan kokoh menjadikannya salah satu shovel terbesar di dunia pada masanya.

Kapasitas Kerja: Shovel ini dilengkapi dengan ember (bucket) raksasa yang mampu menampung hingga 150 ton material batubara sekali angkut. Ember ini digunakan untuk menggali dan memuat batubara dengan efisiensi tinggi di tambang batubara.

Penggunaan dan Fungsi: Big Brutus awalnya digunakan di tambang batubara di Kansas pada tahun 1962 hingga 1974. Shovel ini berperan penting dalam proses penambangan batubara dengan menggali dan memuat batubara dari lapisan tanah di tambang terbuka. Setelah pensiun dari layanan aktif, Big Brutus dipertahankan sebagai monumen dan atraksi wisata untuk memperlihatkan sejarah industri pertambangan batubara.

Signifikansi dan Status Warisan: Big Brutus diakui sebagai salah satu mesin pertambangan yang paling besar dan bersejarah di dunia. Sebagai monumen, mesin ini mewakili era penambangan batubara yang mengubah ekonomi dan industri di Amerika Serikat. Saat ini, Big Brutus dijaga dengan baik dan dapat dikunjungi oleh pengunjung yang ingin melihat dekat dengan shovel raksasa ini.

1850B Bucyrus-Erie “Big Brutus” adalah simbol penting dari sejarah pertambangan batubara dan mewakili era mesin penambangan yang besar dan kuat. Meskipun tidak lagi digunakan secara aktif, Big Brutus terus memikat pengunjung dengan ukuran dan kekuatannya yang mengesankan, serta memberikan wawasan tentang industri pertambangan yang berperan besar dalam perkembangan ekonomi.

10. “Kapten” Marion 6360

“Kapten” Marion 6360 (Captain Marion 6360) adalah salah satu jenis shovel penambangan terbesar yang pernah dibuat. Shovel ini juga dikenal sebagai “The Captain” dan diproduksi oleh Marion Power Shovel Company.

kapten marion 6360

Berikut adalah beberapa informasi mengenai “Kapten” Marion 6360:

Dimensi dan Berat: Marion 6360 memiliki dimensi yang sangat besar. Panjangnya sekitar 67 meter (220 kaki), lebarnya sekitar 45 meter (150 kaki), dan tingginya sekitar 26 meter (85 kaki). Beratnya mencapai sekitar 13.000 ton, menjadikannya salah satu shovel terbesar dan terberat yang pernah ada.

Kapasitas Kerja: Shovel ini dilengkapi dengan ember (bucket) yang sangat besar. Ember ini dapat menampung hingga 85 hingga 100 ton material sekali angkut. Kapasitas kerjanya yang besar memungkinkan untuk menggali dan memuat material dengan efisiensi tinggi di tambang penambangan besar.

Penggunaan dan Fungsi: Marion 6360 digunakan untuk penggalian dan pemindahan tanah, batu bara, pasir, kerikil, dan bahan tambang lainnya di tambang terbuka. Shovel ini digunakan dalam industri pertambangan, konstruksi besar, dan proyek infrastruktur yang membutuhkan mesin penambangan berukuran besar.

Signifikansi dan Status Warisan: “Kapten” Marion 6360 merupakan salah satu shovel penambangan terbesar dan menjadi ikon dalam industri penambangan. Meskipun tidak lagi aktif digunakan, beberapa mesin ini masih dapat ditemukan di beberapa lokasi penambangan sebagai monumen sejarah dan atraksi wisata.

“Kapten” Marion 6360 adalah contoh nyata dari kemajuan teknologi dalam industri penambangan dan konstruksi. Dengan ukurannya yang luar biasa dan kapasitas kerja yang besar, shovel ini telah berkontribusi dalam menghadapi tugas-tugas berat dalam proyek-proyek skala besar di seluruh dunia.

Itulah deretan alat berat terbesar yang pernah diciptakan di muka bumi ini. Luar biasa kan ukurannya. Dan hebatnya lagi, diisi oleh alat-alat pertambangan semua. Ini menunjukkan betapa besar kebutuhan efisiensi dari pekerjaan di pertambangan, hingga manusia menciptakan alat-alat sebesar itu.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *