Apa itu Motor Grader: Pengertian, Fungsi, dan Komponen

Grader adalah

Apa itu Motor Grader: Pengertian, Fungsi, dan Komponen – Di area pertambangan, kita semua tahu banyak jenis alat berat yang bekerja dengan ranah dan fungsinya masing-masing. Area pertambangan tentu saja dipenuhi material tambang, mulai dari batu, tanah, dan material yang ditambang itu sendiri. Dalam setiap pemindahan material oleh dump truck, tentunya melalui jalur yang memang sudah disediakan dan dibuat sebelumnya. Dengan jarak yang tidak pendek antara lokasi loading dan stockpile, serta kondisi medan yang ekstrim, bisa dipastikan akan ada material yang terjatuh di jalur. Tentunya hal ini membahayakan kendaraan yang melalui jalur tersebut.

Ada 1 alat berat tambang yang memang dikhususkan untuk mengurus hal-hal seperti jatuhnya material di jalur dump truck tambang. Alat ini adalah grader atau motor grader. Apa itu alat berat grader? Tiberman melalui artikel ini akan membahas tuntas mengenai alat berat yang satu ini.

Apa Itu Motor Grader

Grader / road grader / motor grader adalah alat berat tambang dengan pisau panjang yang digunakan untuk meratakan permukaan dalam proses perataan. Umumnya, grader memiliki tiga as roda ban, dengan mesin dan kabin berada di atas as roda ban belakang di satu ujung kendaraan dan as ketiga pada bagian ujung depan kendaraan, dengan blade berada di antaranya.

Di beberapa negara, seperti Finlandia, hampir setiap grader dilengkapi dengan blade kedua yang ditempatkan di bagian depan as roda depan. Beberapa pekerja konstruksi sering menyebut keseluruhan mesin sebagai “blade“. Rentang kapasitas blade adalah dari 2,50 sampai 7,30 m serta rentang kapasitas mesin mulai dari 93–373 kW (125–500 hp). Beberapa grader dapat mengoperasikan beberapa alat tambahan atau digunakan untuk pekerjaan yang berbeda seperti pertambangan bawah tanah.

Fungsi Grader

Alat berat yang satu ini kerap digunakan untuk meratakan dan memperbaiki permukaan tanah. Fungsi utama dari grader adalah untuk membuat permukaan tanah menjadi datar atau membentuk kemiringan tertentu untuk memenuhi persyaratan konstruksi atau pertanian. Berikut beberapa fungsi lainnya:

  1. Untuk meratakan permukaan tanah yang tidak rata atau tidak datar. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan pisau grader yang dapat diatur sesuai dengan permukaan tanah yang dibutuhkan.
  2. Dapat membuat permukaan tanah dengan kemiringan yang dibutuhkan. Kemiringan ini dapat digunakan untuk membuat drainase atau mengarahkan aliran air dari permukaan tanah.
  3. Untuk menggali atau mengurangi tanah di suatu area. Hal ini berguna untuk membuat ketinggian yang sesuai atau untuk membuang tanah yang tidak diperlukan.
  4. Sering juga digunakan untuk membuat jalan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengambil tanah dari area sekitarnya dan meratakan permukaan jalan dengan menggunakan pisaunya.
  5. Membersihkan permukaan tanah dari vegetasi atau material lainnya yang tidak diinginkan.

Dalam keseluruhan, alat berat ini sangat berguna dalam konstruksi, pertanian, dan pekerjaan lain yang membutuhkan permukaan tanah yang rata dan bersih. Namun, grader sendiri paling banyak digunakan di area pertambangan yang memang membutuhkan support pembersih jalan yang akan dilalui oleh dump truk tambang. Pentingnya membersihkan jalur truk tambang dari tumpahan boulder membuat alat berat ini bisa tampak di setiap beberapa kilometer guna menjaga kebersihan jalur.

Beli Ban Cicilan

Komponen Motor Grader

Berikut adalah penjelasan dari beberapa komponen utama yang ada pada alat berat motor grader.

1. Blade atau Pisau

Blade adalah komponen utama pada motor grader, berfungsi untuk memperbaiki dan memperhalus permukaan tanah seperti jalan, lapangan terbang, dan lainnya. Pisau dapat diputar hingga 360 derajat dan diatur dalam berbagai sudut untuk mencapai hasil yang diinginkan. Blade umumnya terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  1. Front Blade: Front blade adalah blade depan pada motor grader yang berfungsi untuk mengangkat dan meratakan material seperti tanah, pasir, kerikil, dan aspal. Front blade biasanya dipasang pada bagian depan motor grader dan dapat diatur ketinggiannya dan kemiringannya sesuai dengan kebutuhan.
  2. Mid-Mount Blade: Mid-mount blade atau center blade adalah blade tengah pada motor grader yang terletak di bawah badan atau rangka motor grader. Mid-mount blade berfungsi untuk membantu mengangkat dan meratakan material di antara dua blade depan dan belakang. Mid-mount blade dapat diatur ketinggiannya dan kemiringannya untuk menghasilkan permukaan tanah yang rata dan sesuai dengan kebutuhan.
  3. Rear Blade: Rear blade adalah blade belakang pada motor grader yang berfungsi untuk membentuk permukaan jalan atau lapangan yang rata dan halus. Rear blade biasanya dipasang pada bagian belakang motor grader dan dapat diatur ketinggiannya dan kemiringannya sesuai dengan kebutuhan.

Ketiga jenis blade pada motor grader ini biasanya dapat dilengkapi dengan attachment atau aksesori lainnya, seperti wing blade, extension blade, dan scarifier, untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan pengangkatan, perataan, dan pemadatan material.

2. Rangka atau Chassis

Rangka motor grader terbuat dari baja dan berfungsi sebagai kerangka untuk menopang komponen lainnya. Rangka harus dirancang dengan baik untuk menanggung berat mesin dan menstabilkan gerakan pisau.

3. Mesin

Motor grader dilengkapi dengan mesin diesel yang digunakan untuk menggerakkan roda dan memutar pisau. Mesin pada motor grader biasanya memiliki tenaga yang cukup besar untuk menangani beban yang berat dan bisa mencapai kecepatan hingga 40-50 km/jam.

4. Sistem Penggerak

Sistem penggerak terdiri dari roda penggerak dan transmisi yang digunakan untuk menggerakkan motor grader. Beberapa motor grader menggunakan sistem penggerak 4WD (Four Wheel Drive) yang memungkinkan mesin untuk menggerakkan semua roda secara bersamaan dan memberikan traksi yang lebih baik di medan yang tidak rata.

5. Sistem Hidrolik

Sistem hidrolik digunakan untuk mengontrol gerakan pisau dan sistem pengangkatan dan penurunan pisau. Sistem hidrolik memanfaatkan fluida hidrolik yang dikontrol oleh katup untuk menggerakkan piston dan silinder pada pisau. Pengaturan sistem hidrolik yang baik sangat penting untuk memberikan hasil kerja yang optimal.

6. Sistem Pengereman

Motor grader dilengkapi dengan sistem pengereman hidrolik untuk memberikan pengendalian yang lebih baik saat beroperasi di medan yang berat. Sistem pengereman harus dirancang untuk memberikan pengereman yang aman dan dapat diandalkan pada kecepatan tinggi dan beban yang berat.

7. Sistem Kemudi

Sistem kemudi pada motor grader dirancang untuk memberikan kontrol yang tepat pada mesin dan pisau. Sistem kemudi biasanya terdiri dari roda kemudi, roda gigi kemudi, dan sistem kemudi hidrolik. Sistem kemudi harus dirancang dengan baik untuk memberikan kemampuan manuver yang optimal pada motor grader.

6. Roda dan Ban grader

Motor grader dilengkapi dengan roda yang besar dan ban yang tebal untuk meningkatkan traksi dan kinerja di medan yang tidak rata. Ban grader umumnya terbuat dari karet yang tahan aus dan harus dirancang untuk memberikan traksi yang baik pada berbagai medan.

Melihat dari lokasi tempatnya bekerja, tentu saja ban juga harus menyesuaikan. Ban yang cocok tentu saja ban OTR dengan pola kembangan lug, block, atau traksi. Tiberman memiliki ban grader dengan kualitas premium dan bergaranasi. Tersedia di berbagai kota di Indonesia seperti surabaya, balikpapan, banjarmasin, sampit, kendari, manado dan berbagai kota lainnya. Tiberman adalah salah satu solusi untuk kebutuhan ban alat berat Anda. Kami telah dipercaya oleh banyak perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang logistik, pertambangan, perkebunan, pelabuhan, migas, pabrik, konstruksi dan lain-lain. Berikut beberapa pilihan ban grader yang ada di tiberman.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *