Mengenal Rigid Dump Truck, Ban Apa yang Cocok?

cara rawat ban truk, dump truck, ban kendaraan muatan berat

Mengenal Rigid Dump Truck – Dump truck, sesuai dengan namanya, adalah sejenis truk yang masuk dalam kategori atau jenis alat berat yang mampu mengangkut dan membawa beban berat hingga ratusan ton.

Sesuai fungsi dan kekuatannya untuk mengangkut beban berat, dump truck sering kali digunakan untuk mengangkut material seperti batu, tanah, pasir, dan material lainnya dengan kondisi jalan yang cukup terjal, misalnya di area pertambangan.

Jenis dump truck sendiri terbagi menjadi dua yaitu rigid dump truck dan articulated dump truck. Namun dalam artikel berikut ini akan berfokus untuk mengulas seputar rigid dump truck saja, mulai dari pengertian, kekurangan dan kelebihan, serta ban apa yang cocok untuk jenis truk yang satu ini.

Baca juga: Jenis-Jenis Kerusakan Telapak Ban (Tire Tread) Pada Ban Dump Truk

Apa itu Rigid Dump Truck

Sesuai dengan namanya, truk ini bersifat kaku dan tidak fleksibel dalam sistem pergerakannya. Alat berat ini memiliki rangka kaku yang menyatukan kepala dan dump.

Jenis dump truck ini banyak digunakan dalam pengangkutan material untuk jarak menengah sampai jauh (kisaran 500 meter lebih).

Jika membicarakan perbedaannya dengan saudara sejenisnya yang paling dekat, yaitu articulated dump truck, maka rigid dump truck memiliki kapasitas angkut yang lebih besar. Bahkan deretan daftar truk terbesar di dunia semuanya diisi oleh rigid dump truk. Tentunyajenis truk yang satu ini masuk dalam golongan alat besar tambang.

Meskipun sistem pergerakannya yang kaku, truk ini didesain memiliki keamanan tinggi bagi operator saat akan memindahkan beban berat. Truk ini memiliki lima sistem yang didesain untuk mengangkut beban berat namun tetap memberikan kenyaman dan keamanan pada operator. 

  1. Steering system. Sistem yang berfungsi untuk mengendalikan gerakan saat bekerja.
  2. Brake system. Merupakan sistem yang fungsinya untuk memperlambat atau menghentikan gerakan.
  3. Hydraulic system. Sistem yang berfungsi sebagai pengatur dump saat akan menurunkan muatan.
  4. Control system. Sistem ini juga dimiliki oleh kebanyakan alat berat lainnya. Fungsinya adalah untuk mengontrol antar satu sistem dengan sistem lainnya agar saling berhubungan.
  5. Cooling system. Sesuai dengan namanya, cooling system berarti sistem pendingin khusus untuk mesin. 

Kelebihan dan Kekurangan

Dilihat dari rangka dan hasil gerakannya yang kaku membuat rigid dump truck tidak bisa fleksibel dalam menjalankan pekerjaan. Hal itu juga menyebabkan alat ini membutuhkan ruang yang luas dalam pengoperasiannya.

Namun di sisi lain, salah satu jenis dump truck ini dapat mengangkut hingga 400 ton dalam sekali pengerjaan. Angka yang luar biasa besar jika membicarakan efisiensi dalam kapasitas pengangkutan.

Baca juga: Bagaimana Memilih Ban Truk Yang Tepat Untuk Anda

Beli Ban Cicilan

Ban untuk Rigid Dump Truck 

Besarnya kapasitas yang bisa diangkut oleh alat berat yang satu ini membuatnya memiliki bodi yang lebih besar dari truk lainnya, bahkan dari jenis dump truck yang lain. yang perlu ditopang dengan jenis ban yang berkualitas agar dapat beroperasi sebaik mungkin, serta demi keselamatan dari operatornya.

Adapun jenis dan merek ban untuk rigid dump truck yang ada di Tiberman yaitu Tutric TUE402 dan ECED GC2 dengan ukuran ban 24.00R35 dan 27.00R49

Pilihlah sesuai dengan kebutuhan karena setiap jenisnya memiliki spesifikasi masing-masing yang bisa dibaca di deskripsi produknya.

Kamu bisa menemukan lebih banyak lagi jenis ban untuk dump truck dan ban truk lainnya dengan berkunjung langsung ke toko Tiberman pusat ban di Surabaya, Balikpapan, Banjarbaru, Manado, Ternate, dan Kendari.

Sumber: DOK.YOUTUBE/TIBERMAN.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *