Apa Itu Dump Truck? Kenali Jenis, Kapasitas, hingga Ban yang Cocok

dump truck

Apa Itu Dump Truck? Kenali Jenis, Kapasitas, hingga Ban yang Cocok – Dump truck adalah salah satu jenis alat berat yang sering kali digunakan untuk memudahkan pemindahan material dengan beban berat. Truk ini sendiri menjadi salah satu alat sentral di bidang konstruksi atau pertambangan.

Seiring dengan berkembangnya zaman, dump truk banyak digunakan bukan hanya sebagai alat pengangkut saja, tetapi juga alat pengantar material dari satu tempat ke tempat lainnya dengan jarak tempuh cukup jauh. 

Dalam artikel berikut ini akan dibahas mengenai apa itu dump truck, jenis, kapasitas dump truck, hingga merek ban yang cocok untuk alat berat yang satu ini. Simak penjelasannya berikut ini. 

Baca juga: Ban Tipper Dump Truck Terbaik Pilihan Tiberman

Apa itu dump truck? 

Dump truck adalah alat pengangkut yang memiliki fungsi untuk memindahkan material dari satu lokasi menuju lokasi lainnya. Alat berat sebagai pengangkut atau yang biasa dikenal dengan Earthmover (kode E) ini memiliki keunggulan yaitu pada alat pemuat yang bisa membongkar muatannya sendiri. 

Ciri khas dari jenis truk ini yaitu memiliki sistem hidrolik yang dipasang di bawah bak dalam posisi tidur. Piranti ini yang membuat muatannya mudah diturunkan. Ciri khas lain dari truk yang satu ini adalah kapasitasnya yang besar, sehingga membuatnya banyak digunakan untuk menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi.

Baca juga: Truk Tambang Terbesar di Dunia, Jangan Ngeri Lihat Ukurannya!

Dump truk biasanya mengangkut bahan material seperti batu, tanah, nikel, atau bijih besi. Walau kebanyakan digunakan di bidang konstruksi untuk mengangkut material-material alam, ternyata truk ini juga biasa digunakan sebagai alat pengangkut sampah. Buktinya adalah truk-truk yang biasa kita lihat di jalanan untuk mengangkut sampah.

Selain itu, truk yang satu ini juga merupakan alat berat yang mampu bekerja di area pertambangan untuk mengangkut hasil material seperti batu bata, overburden, dan bahan bakar untuk memenuhi kebutuhan kegiatan pertambangan. 

Baca juga: Katalog Ban Truk Murah untuk Ban Heavy Truk

Jenis-Jenis Dump Truck 

Fungsinya yang banyak membuat alat berat ini memiliki banyak jenis. Misalnya saja berdasarkan kapasitasnya. Namun, mari kita kerucutkan pembahasan berdasarkan jenis yang umum beredar di Indonesia. Berikut jenis-jenisnya yang menarik untuk diketahui. 

Beli Ban Cicilan

1. Truk engkel

Truk engkel merupakan jenis truk yang sering wara-wiri di jalanan Indonesia. Jenis truk ini memiliki dua sumbu roda (jumlah roda 4) yang muatannya sekitar lima ton. Namanya standarnya sebenarnya adalah Truk Colt Diesel Engkel, disingkat CDE. Biasanya, jenis truk ini digunakan untuk membawa material seperti semen dan bata.

Truk engkel
Sumber: inews.id

Baca juga: Katalog Ban Light Truck (Truk Ringan)

2. Truk double engkel 

Selain truk engkel, ada truk double engkel atau Colt Diesel Double (CDD) yang punya jumlah sumbu roda seperti truk engkel hanya saja jumlah rodanya ada 6 (depan 2, belakang 4). Roda belakangnya dobel. Kapasitas dump truck roda 6 ini bisa mengangkut hingga 10 ton dari total muatan. Jenis dump truck roda 6 ini biasanya digunakan untuk mengangkut kelapa sawit, kayu, pasir, dan bahkan untuk model FUSO juga ada yang digunakan untuk mengangkut produk-produk industri.

Colt Diesel Double
Sumber: kargo.tech

3. Truk tronton 

Truk tronton merupakan jenis dump truk yang banyak digunakan oleh perusahaan angkutan logistik. Konfigurasi roda dari truk tronton adalah 2-4-4 yang membuatnya bisa mengangkut beban hingga 22 ton. 10 roda yang bertugas untuk menopang seluruh bobot tronton sekaligus beban yang diangkut tentu saja membutuhkan ban yang berkualitas. Ban tronton sebenarnya ukurannya sama dengan ban truk pada umumnya, tinggal melihat kecocokan saja.

Truk tronton
Sumber: inews.id

Baca juga: Katalog Seluruh Jenis Ban Truk

4. Articulated dump truck 

Jenis dump truk ini punya rangka bodi antara kepala dan dump dapat digerakkan secara terpisah. Hal tersebut yang membuatnya lebih luwes dan tidak kaku dan biasa digunakan di area pertambangan yang licin dan berkelok. ADT juga sudah masuk dalam golongan alat berat tambang karena memang ukurannya besar dan dipakai di pertambangan.

Articulated dump truck
Sumber: worldhighways

Baca juga: Apa Itu Articulated Dump Truck dan Tipe Ban Apa yang Tepat?

5. Rigid dump truck 

Rigid dump truk merupakan alat berat yang punya kapasitas lebih dibandingkan articulated dump truk. Selain itu, alat berat ini punya rangka bodi antara kepala dan dump menyatu sehingga menghasilkan gerakan kaku. Jenis dump truk ini bisa mengangkut material hingga 400 ton dalam sekali pengerjaan.

rigid dump truck
Sumber: equipina

HD rigid dump truck dan articulated dump truck keduanya bisa ditemui di area pertambangan dan memang tergolong sebagai truk tambang. Ukurannya juga luar biasa raksasa jika dibandingkan dengan truk-truk yang biasa berkeliaran di jalan raya.

6. Dump truck trailer 

Dump truk trailer banyak digunakan di bidang konstruksi. Kelebihan dari jenis truk ini adalah truk standar dengan trailer dihubungkan secara terpisah sehingga bisa mengangkut lebih banyak material. Selain itu juga memiliki kemampuan bisa bermanuver.

Dump truck trailer
Sumber: mactrailer.com

Ban untuk Dump Truck

Berhubung dump truck adalah alat berat yang membutuhkan penopang berupa ban yang kokoh dan berkualitas demi kenyamanan dan keselamatan operatornya, berikut ada rekomendasi ban dump truk yang bisa kamu temukan secara lengkap di Tiberman. Di antaranya, 

Ketiga merk di atas memiliki keunggulan pada desain telapak ban yang bisa digunakan di jalan on atau off road. Selain itu, ketiganya juga memiliki traksi yang luar biasa. 

Kamu bisa mengunjungi website Tiberman yang memuat katalog ban truk terlengkap dari segi merk, ukuran, dan keunggulan. 

Kunjungi juga toko ban Surabaya, Balikpapan, Banjarbaru, Kendari, dan Manado. Konsultasikan kebutuhan ban secara gratis di Tiberman. 

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *