2 Hal yang Terjadi saat Salah Pakai Ban di Medan Traksi Tinggi

Vibro Compactor

Jangan sampai salah pakai ban di medan traksi tinggi karena bisa membuat kendaraan menjadi bersalah saat melintas. 

Kalau anda masih asing dengan istilah traksi. Traksi merupakan gaya gesek maksimum antara benda atau permukaan tanpa menyebabkan selip. 

Jika istilah ini digunakan untuk kendaraan, maka traksi merupakan gaya gesek antara ban dan aspal atau medan jalan lainnya. Di beberapa medan jalan dengan tingkat kesulitan atau terjal yang tinggi, biasa membutuhkan ban dengan traksi tinggi. 

Namun, sebagian orang pasti pernah menggunakan ban dengan traksi rendah untuk melintasi medan traksi tinggi. Sebaiknya hal tersebut dihindari, karena bisa menyebabkan dua masalah seperti dalam penjelasan berikut ini. 

Baca juga: Kenali 6 Penyebab Bead Burn di Ban Truk

1. Spinning

Spinning merupakan kondisi ban truk tetap berputar di tempat saat melintasi jalanan berlumpur. Walau pengemudi sudah mencoba untuk mengeluarkan ban dengan cara terus gas maksimal, tetapi hasilnya tetap nihil. 

Kejadian ini bisa terjadi karena penggunaan ban dengan tread tipis sehingga munculnya gesekkan yang seharusnya tidak perlu terjadi. 

Ban tuk di jalanan licin
Ilustrasi Ban truk di jalanan licin (Ricardo Usher)

2. Sliding

Kebalikan dari spinning, sliding merupakan kondisi dimana ban yang sudah berhenti tetapi masih berputar-putar maju seperti tergelincir. 

Sama dengan yang sebelumnya, kejadian ini juga terjadi diakibatkan gesekkan yang tidak diperlukan. Selain itu, penggunaan ban juga salah karena tread tipis dan traksi rendah. 

Baca juga: 6 Ciri Ban Truk untuk Muatan Berat Biar Tidak Salah Beli

Beli Ban Cicilan

3. Keahlian pengemudi dalam berkendara 

Kalau terlanjur menggunakan ban dengan traksi rendah di medan jalan dengan traksi tinggi, maka keahlian pengemudi dibutuhkan. 

Traksi bisa hilang secara tiba-tiba di permukaan licin, jika pengemudi menginjak rem terlalu keras atau berbelok berlebihan. Maka potensi terjadinya traksi akan semakin tinggi. 

Penggunaan ban traksi rendah di medan jalan traksi tinggi bisa dikarenakan salah beli atau tidak dilakukan konsultasi saat pembelian. 

Tiberman merupakan salah satu toko ban truk terbesar dan terlengkap di Indonesia menawarkan konsultasi gratis seputar pilihan jenis dan ukuran ban agar tidak salah beli. 

Selain itu, kami juga memiliki banyak varian ban yang bisa dipilih dari berbagai material hingga merek untuk ban truk, ban forklift, ban grader, ban loader, dan ban alat berat lainnya.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *