Perbedaan Light Truck, Medium Truck, & Heavy Duty Truck

Heavy duty truck

Perbedaan Light Truck, Medium Truck, & Heavy Duty Truck – Truk memiliki peran kunci dalam industri transportasi, mulai dari pengangkutan sederhana, hingga menjadi sentral dalam memenuhi berbagai kebutuhan di berbagai sektor. Tidak heran jika segala hal yang berhubungan dengan truk seperti ban truk, velg truk, dan suku cadang truk lainnya juga menjadi komoditas di pasar otomotif. Bahkan berbagai macam truk juga diciptakan demi memenuhi kebutuhan setiap industri. Salah satu klasifikasi utama truk didasarkan pada berat dan kapasitas muatan mereka, yang mengkategorikannya menjadi truk ringan, truk medium, dan truk berat atau biasa juga disebut heavy duty truck. Dalam artikel ini, Tiberman sebagai supplier ban truk dan ban alat berat nomor 1 di Indonesia akan membahas perbedaan teknis dan fungsional di antara ketiga kategori truk ini.

Perbedaan Light Truck, Medium Truck, & Heavy Duty Truck

Truk Ringan atau Light Truck

Truk ringan atau biasa juga disebut light truck, adalah jenis truk yang mungkin paling sering terlihat di jalanan, mulai dari perkotaan hingga perkampungan. Di dalam golongan truk ringan sendiri sebenarnya juga masih ada beberapa kelas dalam hal berat dan kapasitasnya. Untuk truk ringan dengan kapasitas paling kecil biasa disebut dengan pickup, kemudian di atasnya ada truk engkel dan truk engkel dobel. Kendaraan-kendaraan ini dirancang untuk muatan yang relatif lebih ringan dan banyak digunakan untuk tugas seperti pengiriman dan konstruksi skala kecil. Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, tipe truk ringan lebih gesit dan leluasa untuk mengantarkan material ke jalanan yang sempit.

Beli Ban Cicilan

Spesifikasi Teknis

Truk ringan umumnya memiliki berat total (bobot kosong + beban maksimal) atau Gross Vehicle Weight (GVW) kurang dari 10.000 kg atau 10 ton. Mesinnya lebih kecil, berkontribusi pada efisiensi bahan bakar di operasi di mana pengangkutan berat tidak diperlukan. Konstruksi chassis lebih ringan, menggunakan bahan yang menekankan pada manuverabilitas daripada kapasitas beban murni.

Aplikasi atau Penggunaan

Truk ringan unggul dalam skenario yang membutuhkan fleksibilitas dan navigasi cepat. Umumnya digunakan untuk mengangkut barang ringan hingga sedang, membuatnya ideal untuk layanan pengiriman, pekerja konstruksi, dan bisnis dengan kebutuhan transportasi lokal yang sering hilir mudik.

Ada banyak truk ringan di Indonesia, salah satunya yang paling terkenal adalah truk engkel Canter dari Mitsubishi. Menjadi penguasa pasar truk ringan, truk Canter menjadi truk yang paling banyak ditemui di jalanan. Ada juga Hino 300, kemudian Toyota Dyna, dan truk engkel dari brand lain. Sedangkan untuk kelas pickup juga masih didominasi oleh Mitsubishi L300 dan Isuzu pickup, disusul oleh berbagai pickup dari perusahaan lainnya.

Truk Medium atau Medium Truck

Yang kedua adalah truk ukuran medium. Truk ukuran medium memiliki kekuatan, berat, dan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan truk ringan. Truk medium sudah banyak digunakan bukan hanya di jalanan tetapi juga di pertanian, perkebunan, bahkan pertambangan. Truk ukuran medium sendiri memiliki beberapa model, mulai dari engkel dobel, kemudian truk tronton, truk trintin, truk trailer, juga dump truck. Memang truk ukuran medium didominasi oleh truk tronton dengan konfigurasi sistem gerak 6 x 2 dan 6 x 4. Akan tetapi, ada juga truk engkel dobel yang sudah berada pada ukuran medium untuk ukuran dan kapasitas angkutnya.

Spesifikasi Teknis

Dengan GVW berkisar antara 16.000 kg hingga 38.000 kg untuk model tronton dan trintin (rata-rata 26.000 kg), serta 46.000 kg untuk model trailer, tentu saja truk medium memiliki mesin yang lebih bertenaga dibandingkan dengan truk ringan. Umumnya truk ukuran medium ditenagai dengan mesin diesel berkekuatan 240 PS hingga 340 PS. Salah satu perbedaan dari truk ringan dan truk medium adalah ukuran ban yang digunakan. Semakin berat bobot truk dan material yang diangkut, tentunya ukuran ban beserta kekuatannya juga akan mengikuti. Umumnya truk ukuran medium menggunakan ban 1000 20 atau ban 11.00R20. Namun ada juga truk medium yang menggunakan ukuran ban 11R22.5 yang biasa digunakan sebagai ban bus.

Aplikasi atau Penggunaan

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas, truk medium memiliki banyak aplikasidan tidak terbatas di jalan raya yang mulus. Di jalan raya, truk medium diterapkan dalam transportasi regional, konstruksi, dan industri yang membutuhkan keseimbangan antara kapasitas muatan dan manuverabilitas. Cocok untuk skenario di mana tuntutan melebihi kemampuan truk ringan tetapi kurang dari kebutuhan truk berat. Selain di jalanan, truk dengan ukuran medium banyak sekali digunakan di pertanian dan perkebunan sawit. Dengan kapasitas yang besar namun tetap memiliki kemampuan manuver yang bagus, truk medium sangat cocok digunakan di area sawit, tentunya dengan ban truk yang cocok.

Selain itu, truk medium sudah banyak digunakan di area pertambangan. Biasanya, untuk truk tambang, produsen truk akan memberikan spesifikasi khusus dengan memberikan label “Mining truck” pada unit tersebut. Medan di pertambangan memang berbeda dengan jalan raya, yang tentunya membutuhkan spesifikasi khusus demi kelancaran dan keamanan kinerja truk. Di pertambangan, truk-truk ini akan bekerja bersama dengan excavator, loader, grader, dan alat berat tambang lain yang bahkan ukurannya tidak bisa lagi dikatakan normal.

Untuk kelas truk medium, 50% pangsa pasar dikuasai oleh Hino 500, kemudian disusul oleh Mitsubishi FUSO, Isuzu Giga, Volvo, Scania, dan produsen lainnya. Semua brand ini memiliki segmen truk perkebunan dan pertambangan karena memang truk medium cocok digunakan di medan apapun.

Truk Berat atau Heavy Duty Truck

Truk berat atau yang biasa disebut dengan heavy duty truck adalah truk raksasa di jalanan. Dengan ukuran yang luar biasa besar, heavy duty truck umumnya banyak digunakan di medan off-road di mana ruang terbuka lebar untuk bergerak. Karena dengan ukuran raksasa, tentunya kemampuan untuk bermanuver serta mobilitasnya juga akan dikorbankan demi kapasitas yang besar dan kekuatannya untuk mengangkut material yang berat. Model dari heavy duty truck umumnya adalah tronton dan trinton dengan konfigurasi 6 x 4 dan 8 x 4.

Spesifikasi Teknis

Truk berat biasanya memiliki GVW melebihi 38.000 kg atau ada juga produsen yang menggolongkan unit truknya sebagai heavy duty untuk unit dengan GVW di atas 26.000 kg. Untuk mesin, umumnya dibekali dengan mesin diesel dengan kekuatan 370 PS ke atas. Ukuran yang raksasa tentunya diikuti dengan penopang yang besar juga. Ukuran ban untuk jenis heavy duty truck umumnya adalah ban 12.00R20 atau 12.00R24. Namun, hal ini tidak bisa dibilang paten karena tergantung produsen dari unit truk tersebut juga. Ada juga yang masih menggunakan ukuran ban bus atau bahkan ban 11.00R20, tergantung dari produsen dari unit tersebut.

Aplikasi atau Penggunaan

Truk berat menjadi pilihan utama untuk mengangkut beban sangat berat, truk panjang perjalanan, pertambangan, dan proyek konstruksi berskala besar. Kekuatan dan daya tahan mereka yang tak tertandingi membuat mereka sangat penting bagi industri yang mengandalkan pengangkutan jumlah barang yang besar. Jika truk medium sudah banyak digunakan di area pertambangan, maka truk berat lebih banyak lagi karena memang demi efisiensi tranportasi material tambang, semakin besar unitnya akan semakin meningkat tingkat efisiensinya.

Untuk segmen truk berat, persaingan diwarnai oleh berbagai brand, mulai dari Scania, Volvo, Hino 700, hingga UD Trucks. Produsen-produsen tersebut sudah memiliki nama tersendiri di dunia pertambangan dan konstruksi besar.

Dapatkan Ban Truk Terbaik Hanya di Tiberman

Penyesuaian antara unit truk, ukuran ban, jenis telapak ban, dan medan yang dilalui menjadi hal yang sangat krusial. Selain itu, kualitas dari ban juga harus diperhatikan demi keselamatan dan kenyamanan pengemudi truk. Dengan berbagai macam jenis ban, mulai dari konstruksinya, telapaknya, dan tingkat kekuatannya, penting kiranya untuk setiap perusahaan memilih ban yang berkualitas tanpa mengesampingkan urusan finansial. Produk ban truk dari Tiberman cocok menjadi pilihan utama dengan berbagai macam varian yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa produk ban yang dijual oleh Tiberman.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *