4 Penyebab Tread Ban Truk Cepat Habis, Hindari Kebiasaan Ini

Tanpa disadari, penyebab tread ban truk cepat habis bisa terjadi kalau pengemudi terus menerus melakukan kebiasaan yang bikin fatal. 

Tread atau bisa disebut juga dengan telapak ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan. Salah satu hal penting yang harus dilakukan saat memilih ban adalah dengan memilih tread atau telapak ban yang tepat. 

Kerusakan tread bisa menyebabkan ban truk tidak bisa digunakan dengan baik. Bagi anda yang sedang atau akan mengendarai truk jenis apapun, ada baiknya untuk mengetahui penyebab tread ban truk cepat rusak. 

Baca juga: Ketahui 6 Jenis Tapak Ban Truk dan Fungsinya

1. Tekanan angin pada ban truk tidak dicek secara rutin

Lengahnya pengemudi yang akan berkendara sehingga tidak mengecek ban, justru bisa membahayakan. Terutama pada tekanan angin. 

Tekanan angin pada ban truk harus sesuai agar perjalanan aman dan nyaman. Sebaliknya, tekanan udara yang tidak sesuai bisa membuat permukaan ban tidak 100 persen rata. 

Walau jalanan yang dilewati mulus. Tentu saja, ini bisa menjadi penyebab tread ban truk cepat habis karena beban akan dialihkan ke beberapa titik di telapak. 

2. Jarang melakukan spooring dan balancing 

Spooring bertujuan untuk menjaga keawetan ban. Biasanya montir akan melakukan setelan spooring pada ban truk dengan meluruskan kaki-kaki ban truk. 

Sementara balancing bertujuan untuk meminimalisir adanya getaran pada saat kendaraan melaju. Baca selengkapnya seputar perlukah melakukan balancing dan spooring ban truk di sini. 

Ban yang jarang dirawat dengan setelan spooring dan balancing bisa mengakibatnya ban jadi miring. Karena ban menjadi miring, maka gesekkan yang terjadi bisa membuatnya tread jadi tipis lebih cepat. 

Tapak Ban Truk
Ilustrasi tread ban truk (DOK.PEXELS/Joseph Fuller)
Beli Ban Cicilan

3. Kendaraan membawa beban terlalu berat

Penybab tread ban truk cepat habis yang selanjutnya adalah kalau kendaraan alat berat terlalu banyak membawa beban. Beban bisa menekan ban menjadi lebih berat. 

Sehingga terdapat gesekkan yang berlebihan antara ban dan permukaan jalan. Jelas saja, penipisan tread akan terjadi lebih cepat. 

Baca juga: Mengapa Ban Truk Sering Bocor Alus? Ketahui 5 Penyebabnya

4. Pengereman yang agresif 

Selain beberapa faktor di atas, kebiasaan pengemudi dalam melakukan pengereman yang kasar juga bisa membuat tread ban menjadi cepat habis. 

Terutama kalau kendaraan sedang membawa beban berlebih dalam kondisi melaju kencang dan tiba-tiba melakukan pengereman secara mendadak. 

Jika perilaku ini dilakukan secara berulang, maka telapak ban truk bisa cepat habis. 

Selain mengetahui penyebab telapak ban truk cepat habis, anda juga perlu membeli ban truk dalam kualitas yang baik. 

Tiberman tawarkan konsultasi seputar cara pilih ban truk yang tepat tanpa harus membeli dulu. Talent berpengalaman kami akan memberikan respon solutif untuk membeli ukuran dan merk ban truk yang tepat. 

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *