Ini 4 Alasan Kenapa Truk Sebaiknya Pakai Ban Dalam

Pakai ban dalam

Ada sederet alasan mengapa truk sebaiknya pakai ban dalam. Cara memilih ban truk tidak boleh sembarangan. Karena bisa membuat kendaraan sulit melaju dengan maksimal. 

Misalnya saja, dalam memilih penggunaan ban tubeless atau ban biasa untuk truk. Kita tahu kalau keduanya punya perbedaan pada tekstur, material, hingga harga. 

Namun, ban biasa atau ban dengan ban dalam dirasa cukup mumpuni untuk meningkatkan performa ban luar termasuk kelincahan truk di jalanan. 

Simak penjelasan berikut ini tentang mengapa truk sebaiknya menggunakan ban dalam. 

Baca juga: Jangan Asal Pakai, Ini 6 Cara Pilih Ban Truk yang Tepat

1. Kenapa truk pakai ban dalam?

Kalau anda memilih truk jenis molen, dump truk, atau kendaraan alat berat lainnya. Penggunaan ban dalam dirasa cukup penting dan menguntungkan si pemilik usaha. 

Lantaran, ban dalam memiliki masa pakai lebih lama ketimbang ban tubeless dan dari segi efisiensi, ban biasa lebih mudah dalam perawatannya. 

Selain itu, ban dalam memiliki fungsi penting yang bisa menunjang penampilan dari ban luar. Maka, pemilihan ban dalam yang baik juga penting dilakukan. 

2. Cara pasang ban dalam yang mudah 

Dilihat dari segi pemasangannya, ban biasa cukup mudah. Anda perlu memasang ban dalam pada truk terlebih dahulu. 

Gunakan bedak tabur agar ban dalam tidak terlipat saat berada di dalam ban luar. Lalu, bedak juga bisa membantu ban dalam menjadi lebih dingin saat kendaraan sedang melaju. 

Selain itu, bedak juga bisa mengurangi gesekan antara ban dalam dengan inner liner pada ban luarnya. Sehingga tidak perlu memompa terlalu keras saat pemasangan ban dalam. 

Baca juga: 6 Cara Ganti Ban Truk dengan Cepat, Mudah Diikuti Pemula

Beli Ban Cicilan

3. Cara pilih ban dalam untuk truk 

Selanjutnya, dari segi pemilihannya yang mudah. Kunci memilih ban dalam yang tepat untuk truk adalah pastikan ukuran dari ban dalam satu angka kurang dari ban luar untuk ban biasa. 

Sementara untuk ban radial, gunakan ukuran yang sama. 

4. Harga ban dalam untuk truk 

Harga ban dalam bervariasi tergantung pada ukuran dan merek yang ditawarkan. Di Tiberman, anda bisa membeli ban dalam dengan harga mulai dari Rp 50.000 untuk ukuran mulai dari 7.00-12.

Keunggulan dari ban dalam yang dimiliki oleh toko ban murah ini di antaranya, karetnya yang letur, ramah benturan, dan bahan bakunya yang padat. 

Selain ban dalam, kalian juga bisa mencari ban luar untuk macam-macam jenis alat berat, seperti ban truk, ban loader, ban dump truck, ban traktor, ban forklift, dan masih banyak lagi. Untuk anda pengguna truk merek Hino, kami juga menyediakan ban hino 500 dengan kualitas terbaik dan ukuran yang pastinya sesuai.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *