Jenis-Jenis Traktor Berdasarkan Fungsi dan Bentuknya

Jenis traktor

Jenis Jenis Traktor Berdasarkan Fungsi dan BentuknyaTraktor adalah sebuah terobosan yang mengubah serta merevolusi dunia pertanian di seluruh dunia. Dunia pertanian yang awalnya hanya ditenagai oleh tenaga manusia dan binatang. Setelah hadirnya traktor, berubahlah menjadi tidak hanya ditenagai oleh makhluk hidup namun juga tenaga mesin. Namun, tahukah Anda jika traktor bukan hanya digunakan di pertanian atau perkebunan. Traktor sendiri ternyata banyak digunakan di industri-industri lain selain pertanian dan perkebunan, seperti konstruksi hingga pertambangan. Penjelasan mengenai apa itu traktor dan sejarah penciptaannya sudah pernah kita bahas, sekarang kita akan membahas terkait jenis-jenis dari traktor yang ada.

Jenis-Jenis Traktor Berdasarkan Fungsinya

1. Utility Tractor

Utility Tractor adalah jenis traktor yang sering digunakan dalam berbagai aplikasi yang berbeda seperti pertanian, konstruksi, dan tugas-tugas industri lainnya. Traktor ini biasanya dirancang untuk menangani berbagai tugas serbaguna seperti membajak, menyiangi, menyiram, menanam, dan mengangkut.

Utility Tractor juga dapat dilengkapi dengan berbagai macam alat dan peralatan tambahan, seperti alat penggali atau alat pemotong rumput, yang memungkinkan traktor ini untuk digunakan dalam berbagai tugas industri seperti konstruksi atau pemeliharaan lahan.

Beberapa fitur yang umumnya dimiliki oleh Utility Tractor meliputi sistem hidrolik untuk mengoperasikan peralatan tambahan, mesin diesel atau bensin, sistem transmisi yang dapat disesuaikan dengan berbagai jenis aplikasi, dan ban yang cocok untuk berbagai jenis permukaan tanah.

Beli Ban Cicilan

2. Row Crop Tractor

Row Crop Tractor adalah jenis traktor yang dirancang khusus untuk digunakan dalam budidaya tanaman dengan sistem penanaman berbaris. Traktor ini memiliki ciri khas dengan roda belakang yang dapat diatur jaraknya, sehingga traktor ini dapat digunakan di antara barisan tanaman yang rapat, seperti tanaman jagung, kapas, atau kedelai.

Selain itu, Row Crop Tractor biasanya dilengkapi dengan sistem hidrolik dan PTO (Power Take Off) yang dapat digunakan untuk mengoperasikan alat-alat pertanian seperti penyiang rumput, penggali, dan alat pemangkas. Beberapa traktor row crop bahkan dapat dilengkapi dengan teknologi GPS dan sistem penglihatan mesin yang otomatis, yang memungkinkan traktor ini untuk bekerja dengan lebih efisien dan akurat.

3. Lawn/Garden Tractor

Lawn/Garden Tractor adalah jenis traktor yang dirancang khusus untuk digunakan dalam perawatan kebun atau lahan hijau. Traktor ini biasanya lebih kecil dan lebih ringan daripada traktor pertanian lainnya, sehingga lebih mudah untuk dikendalikan di lahan yang lebih kecil dan lebih halus.

Lawn/Garden Tractor biasanya dilengkapi dengan mesin bensin atau diesel yang relatif kecil, dan dapat dilengkapi dengan berbagai macam alat dan aksesori untuk membantu memangkas rumput, membersihkan daun, dan merawat tanaman. Beberapa alat yang dapat dipasang pada traktor ini antara lain pemotong rumput, penyiram, penggali, dan alat pemangkas.

Beberapa fitur yang umumnya dimiliki oleh Lawn/Garden Tractor meliputi transmisi otomatis, sistem hidrolik, dan kemudi yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan pengendara. Beberapa traktor juga dilengkapi dengan kursi yang dapat diatur dan ruang kaki yang lebih luas, sehingga lebih nyaman untuk pengendara yang berukuran besar.

Lawn/Garden Tractor sangat berguna untuk perawatan kebun dan lahan hijau di rumah atau di taman-taman umum. Traktor ini dapat memudahkan tugas pemangkasan rumput, membersihkan daun, dan merawat tanaman, sehingga dapat membantu pengguna untuk mempertahankan keindahan dan kerapihan lahan hijau dengan lebih mudah dan efektif.

4. Orchard Tractor

Orchard Tractor adalah jenis traktor yang dirancang khusus untuk digunakan dalam pertanian buah-buahan, seperti jeruk, apel, anggur, dan buah-buahan lainnya. Traktor ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan dari traktor pertanian umumnya, sehingga dapat melewati antara barisan pohon buah yang rapat dan menghindari kerusakan pada pohon dan buah.

Orchard Tractor biasanya juga dilengkapi dengan sistem hidrolik dan PTO (Power Take Off) yang dapat digunakan untuk mengoperasikan alat-alat pertanian seperti penyemprot dan pemangkas pohon. Beberapa traktor orchard bahkan dilengkapi dengan sistem penglihatan mesin yang otomatis, yang memungkinkan traktor ini untuk bekerja dengan lebih efisien dan akurat.

Traktor orchard biasanya memiliki roda belakang yang dapat diatur jaraknya, sehingga traktor ini dapat melewati antara barisan pohon buah yang rapat. Selain itu, traktor ini juga dilengkapi dengan sistem kemudi yang dapat disesuaikan, sehingga dapat melewati tikungan dan berbelok dengan mudah.

5. Implement Carrier Tractor

Implement Carrier Tractor adalah jenis traktor yang dirancang khusus untuk mengangkut alat-alat pertanian seperti alat pengolahan tanah, penyemai, dan alat pemotong. Traktor ini memiliki kemampuan untuk menarik dan membawa berbagai jenis alat pertanian.

Beberapa fitur yang umumnya dimiliki oleh Implement Carrier Tractor meliputi roda belakang yang dapat diatur jaraknya, sistem rem yang dapat disesuaikan, dan sistem transmisi yang kuat. Beberapa traktor bahkan dilengkapi dengan suspensi dan sistem pendingin yang baik, sehingga dapat bekerja dengan baik di berbagai jenis medan dan kondisi cuaca.

Implement Carrier Tractor sangat berguna dalam pertanian modern, karena dapat membantu petani untuk membawa dan menggunakan alat-alat pertanian dengan lebih mudah dan efisien. Dengan traktor ini, petani dapat menyelesaikan pekerjaan pertanian dengan lebih cepat dan lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen.

6. Industrial Tractor

Industrial Tractor adalah jenis traktor yang dirancang untuk digunakan dalam industri, konstruksi, pertambangan, dan proyek-proyek besar lainnya. Traktor ini memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih kuat dari traktor pertanian umumnya, dan dapat digunakan untuk menarik dan membawa berbagai jenis alat berat dan material konstruksi.

Industrial Tractor biasanya dilengkapi dengan mesin diesel yang kuat, sistem transmisi yang tahan lama, dan sistem rem yang kuat. Traktor ini juga dilengkapi dengan ban yang besar dan kuat, sehingga dapat digunakan di berbagai medan dan kondisi cuaca yang berbeda.

Beberapa fitur yang umumnya dimiliki oleh Industrial Tractor meliputi kabin yang nyaman untuk pengemudi, sistem pengereman yang aman, dan sistem suspensi yang dapat disesuaikan. Beberapa traktor bahkan dilengkapi dengan perlengkapan tambahan seperti lampu sorot, sistem pendingin, dan perlindungan dari kebisingan dan debu.

Industrial Tractor sangat berguna dalam proyek-proyek konstruksi dan pertambangan besar, karena dapat membantu mengangkut material dan alat berat dengan lebih cepat dan lebih efisien.

7. Earth-Moving Tractor

Earth-Moving Tractor adalah jenis traktor yang dirancang khusus untuk digunakan dalam pekerjaan penggalian, pengerukan, dan pemindahan tanah. Traktor ini memiliki kemampuan untuk mengangkat dan membawa material berat, dan digunakan dalam proyek-proyek besar seperti konstruksi jalan, pembangunan bendungan, dan proyek infrastruktur lainnya.

Earth-Moving Tractor biasanya dilengkapi dengan perlengkapan khusus seperti bucket, blade, dan ripper. Bucket digunakan untuk mengangkat material seperti tanah dan batu, sedangkan blade digunakan untuk menghaluskan permukaan tanah. Ripper digunakan untuk memecahkan dan merobek permukaan tanah yang keras.

Beberapa fitur yang umumnya dimiliki oleh Earth-Moving Tractor meliputi sistem hidrolik yang kuat, mesin diesel yang besar dan kuat, sistem transmisi yang tahan lama, dan ban yang besar dan kuat. Traktor ini juga dilengkapi dengan kabin yang nyaman untuk pengemudi, sistem pengereman yang aman, dan perlindungan dari kebisingan dan debu.

Earth-Moving Tractor sangat berguna dalam proyek-proyek konstruksi besar, karena dapat membantu pekerjaan penggalian dan pemindahan tanah dengan lebih cepat dan lebih efisien. Dengan traktor ini, pekerja dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah dan aman, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan. Beberapa merek traktor Earth-Moving terkenal adalah Caterpillar, Komatsu, dan Hitachi.

Jenis-Jenis Traktor Berdasarkan Bentuknya

Selain dibedakan berdasarkan fungsinya, bentuk traktor juga bermacam-macam. Berikut beberapa jenis traktor jika digolongkan berdasarkan bentuknya.

1. Traktor Tangan

Traktor jenis ini adalah traktor terbanyak yang dipakai oleh petani Indonesia. Traktor yang bisa dibilang serbaguna, ukuran tidak terlalu besar juga. Traktor ini memiliki daya yang kecil, dan membutuhkan pengemudinya memegang kendali penuh di belakang traktor. Biasanya digunakan untuk membajak sawah, dengan dua roda yang menggunakan roda besi. Selain itu, traktor ini juga bisa diganti rodanya menggunakan roda normal dengan ban traktor atau ban mobil biasa dan dihubungkan dengan gerobak atau kerreta di belakangnya sehingga bisa dimanfaatkan untuk membawa barang bawaan petani.

2. Traktor Mini

Traktor mini adalah jenis traktor yang menggunakan empat roda. Sesuai dengan namanya, traktor ini mempunyai ukuran yang kecil, berkisar antara 1,8 – 2 meter panjangnya dan lebar sekitar 1 meter. Beratnya juga relatif ringan yaitu antara 385 – 535 kg dan menggunakan mesin dua silinder atau lebih. Kemudian untuk tenaga yang dihasilkan kurang lebih 13 – 40 HP dengan 6 percepatan maju dan 2 percepatan mundur.

3. Traktor Besar

Traktor besar adalah traktor yang berukuran besar dilengkapi dengan dua poros roda yang terdiri dari empat roda atau lebih. Ukurannya biasanya memiliki panjang 2650-3910 mm dan lebar 1740-2010 mm, serta menghasilkan daya sekitar 45 HP. Walaupun memiliki kemampuan yang tinggi, harga traktor besar cukup mahal sehingga tidak semua orang mampu memilikinya. Selain itu, penggunaan traktor besar menjadi tidak efektif pada petak-petak sawah dengan ukuran relatif kecil.

Namun, traktor besar dapat ditemukan di perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan dengan luas areal yang memadai. Dengan modal yang cukup besar, membeli traktor besar merupakan pilihan yang lebih efisien daripada harus membeli mini traktor untuk mencakup area yang luas.

Demikianlah beberapa jenis traktor digolongkan dari fungsi dan jenisnya.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *