Fungsi Ban Dalam dan Cara Membaca Ukuran

ukuran ban dalam

Fungsi Ban Dalam dan Cara Membaca Ukuran – Roda dan ban merupakan komponen utama dalam urusan menopang seluruh bobot kendaraan. Kendaraan apapun, roda dan ban memegang peran terpenting untuk urusan kenyamanan dan keamanan berjalannya kendaraan.

Di dalam ban sendiri juga terdapat beberapa komponen penting tergantung dari jenis bannya. Jika anda menggunakan tipe ban tubeless, maka komponen bannya hanya ban luar saja. Namun, jika anda menggunakan ban tipe tubetype, maka di dalamnya masih harus menggunakan ban dalam, dan bahkan untuk kendaraan alat berat seperti truk, masih membutuhkan flap / marset ban sebagai pelindung ban dalam dari panasnya velg.

Menyelami komponen-komponen ban yang memiliki fungsi masing-masing, dalam artikel ini akan fokus membahas ban dalam. Yang akan dibahas adalah fungsi ban dalam serta cara membaca ukuran dari ban dalam itu sendiri agar tidak salah memilih yang cocok dengan velg dan ban luarnya.

Fungsi Ban Dalam

1. Sebagai penopang utama seluruh bobot kendaraan beserta beban yang diangkut

Ban dalam adalah komponen yang dibutuhkan jika anda menggunakan ban tipe tubetype. Nah, ketika menggunakan ban ini, maka yang menampung tekanan udara adalah ban dalam, bukan ban luarnya. Sehingga, ban dalamlah yang menjadi penopang utama seluruh bobot kendaraan dan beban yang diangkut oleh kendaraan.

Bahkan, mau seperti apapun kualitas dari ban luarnya, jika ban dalamnya tidak dalam kondisi prima, atau bahkan terdapat cacat pada ban dalamnya, maka kendaraan tetap akan menjadi korbannya.

Beli Ban Cicilan

2. Menyempurnakan bentuk ideal dari ban luar

Selain menjadi penopang utama kendaraan, ban dalam yang dipompa dengan optimal akan membuat ban luar juga mengembang secara sempurna dan menunjukkan fungsinya yang semestinya, apakah itu dalam melindungi ban dalam, maupun menjaga kenyamanan dan keamanan pengendalian kendaraan.

Cara Membaca Ukuran Ban Dalam

Sebenarnya cara membaca ukuran ban dalam tidak jauh berbeda dengan ban luar. Hanya saja, biasanya ban dalam ada yang memiliki dimensi ganda, yang artinya bisa cocok untuk 2 ukuran. Selain itu, dalam kecocokannya dengan ban luar, ada perbedaan untuk konstruksi ban bias dan ban radial.

Agar lebih jelas, mari kita memakai studi kasus ban dalam dengan ukuran 9.00/10.00R20.

  1. Ban dalam cocok untuk ban luar dengan dimensi 9.00 dan 10.00 ( biasa disebut ban 1000 ).
  2. Ban dalam cocok untuk dipasang pada ban luar dengan diameter 20 inch.

Seperti itulah pembahasan terkait ban dalam yang mencakup fungsi dan cara menentukan ukuran yang cocok dengan ban luarnya. Untuk anda yang sedang mencari ban dalam truk, ban dalam traktor, dan ban dalam alat berat lainnya, Tiberman menyediakan banyak variasi produk yang bisa anda cocokkan dengan kebutuhan anda. Jika anda mencari ban truk dengan ukuran yang banyak dicari, seperti ban 750 16, ban 1000 20, atau ban 1100 20, Tiberman juga menyediakan banyak tipe dan merek.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *