Berikut Adalah Deretan Ban Terbesar di Dunia

Ban Terbesar di Dunia

Berikut Adalah Deretan Ban Terbesar di Dunia – Membicarakan hal-hal yang “ter-” memang seru. Ada yang tercepat, terkecil, terbesar, dan ter- ter- yang lainnya. Sebelumnya, Tiberman sudah pernah membahas hal terbesar di dunia, yaitu truk terbesar di dunia. Nah, tentunya setelah kalian membaca artikel tersebut kalian juga penasaran, kalau ban terbesar di dunia itu ban apa ya. Yang pasti jika kita membicarakan ban berukuran jumbo, maka akan didominasi oleh kumpulan ban alat berat. Langsung saja, mari kita bahas ban-ban terbesar di dunia.

Ban Terbesar di Dunia

Ini bukan diranking ya, karena ukurannya juga hampir sama sebenarnya.

1. Titan 63″ Tire

Yang pertama adalah ban garapan Titan. Ban ini dinamai Titan 63″ mengacu pada ukuran diameter rim atau velgnya. Dimensi ukurannya adalah 59/80R63. Debutnya dimulai sejak tahun 2008, dan saat ini telah menjadi ban tambang dengan jumlah produksi terbesar. Lagi-lagi jika sudah berhubungan dengan ukuran jumbo, maka alat berat tambang akan ikut andil di dalamnya. Ban ini memiliki berat total 12500 pounds atau setara dengan 5.5 ton. Tinggi ban ini mencapai 14 kaki atau setara dengan 4.26 meter. Dengan ukurannya yang sebesar ini, Titan 63 inches tentunya membutuhkan area yang sangat luas untuk memproduksinya secara masal. Luas pabriknya adalah 2,32 hektare. Ban yang satu ini digunakan di pertambangan terbuka Kanada dengan umur ban berkisar antara 5000 hingga 6000 jam.

63" inch Titan Tire
Beli Ban Cicilan

2. Firestone 70/70-57 L4 SRG

Ban ini adalah ban produksi Firestone yang dikhususkan untuk ban loader terbesar di dunia, yaitu LeTourneau L-2350. Sekali lagi, alat berat tambang menjadi salah satu penyumbangnya. Firestone sendiri juga mengeklaim bahwa ban mereka ini adalah ban terbesar di dunia dengan tinggi atau diameter total adalah 13 kaki atau 3.96 meter, lebar 1.77 meter, dan berat mencapai 8 ton (6.8 ton tanpa velg). Dengan ukuran 70/70 dan diameter ring 57 inci, tentu saja ban yang satu ini dibandrol dengan harga yang tinggi mengingat bahan untuk produksi, lamanya proses, serta usaha yang dibutuhkan untuk memproduksi setiap bannya. Ban ini dihargai dengan 135k USD.

Firestone 70/70-57 SRG

3. Goodyear RM-4B+ 63 inch

Selanjutnya masih dengan ukuran diameter rim 63″, namun kali ini diproduksi oleh Goodyear. Dipamerkan pertama kali di MINExpo 2016, tepatnya pada tanggal 26 September 2016 di Las Vegaz Nevada, RM-4B+ tampil mencolok dengan diameter total mencapai 13 kaki atau 3.96 meter.

4. Michelin XDR 59/80R63

Michelin sebagai produsen ban kawakan tentunya tidak mau tinggal diam dalam urusan produksi ban dengan ukuran terbesar untuk kategori earthmover. Dengan bannya Michelin XDR 59/80R63 yang memiliki diameter 4.03 meter, lebar 1.5 meter, dan berat 5.3 ton, Michelin ikut bertengger dalam urusan ban ukuran raksasa.

5. Bridgestone 59/80R63 V Steel

Bridgestone juga memiliki ban dump truk ukuran 63 inci. Dengan produk bannya yang satu ini, lengkap sudah brand-brand besar pemain ban dalam urusan ukuran ban raksasa dengan dimensi yang sama yaitu 59/80R63. Dengan diameter total 4.02 meter, lebar 1.46 meter, ban ini memiliki berat 5.37 ton.

Nah, sebenarnya untuk ban dengan dimensi 59/80R63 hampir semuanya mirip ukurannya. Jadi, mungkin bisa kita kelompokkan saja menjadi 1 ukuran ya.

6. Firestone Alaska Tundra Tyres

Untuk ban ini, bukan difungsikan untuk ban HD Rigid Dump Truk atau kategori earthmover seperti yang sebelumnya. Jadi ban ini adalah ban yang awalnya digunakan oleh militer AS pada tahun 1950 untuk alat transportasi yang disebut Snow Training. Kemudian, dibuatlah monster truck yang dikhususkan untuk menggunakan ban ini, yaitu Big Foot 5 garapan Ford pada tahun 1986. Tingginya mencapai 10 kaki, sekitar 3 meter. Saat ini, ban dan big foot 5 sendiri sudah dijadikan pajangan, tidak untuk digunakan.

Firestone Tundra Alaska

Selanjutnya adalah 2 ban yang memang tidak ditujukan untuk digunakan tapi sebagai monumen atau pajangan saja.

7. HESTER TIRE

Hester tire adalah sebuah ban yang ditujukan sebagai monumen. Ban ini diproduksi oleh Michelin yang memang khusus diminta oleh Reynald Heister untuk dipajang secara permanen sebagai monumen di depan dealernya di Baldenborough, USA. Diameter totalnya adalah 14 kaki, dan dimensinya tidak lain tidak bukan adalah 59/80R63 yang merupakan ukuran untuk earthmover seperti ban 63 inci lainnya.

Hester tire

8. Uniroyal Giant Tyre

Ban ini adalah ban hasil buatan perusahaan karet di Amerika Serikat untuk dipamerkan di New York World Fair tahun 1964. Didesain oleh Shrive Lam dan Hermann, sebuah firma yang sama yang mendesain gedung empire state di New York. Setelah pameran usai, ban ini kemudian dipindahkan ke Allen Park Michigan. Dengan tinggi mencapai 83 kaki atau sekitar 25 meter dan berat mencapai 12 ton, ban ini ditancapkan ke tanah dengan bantuan 24 kaki beton dan baja. Kerennya, ban ini dapat bertahan dari cuaca-cuaca ekstrim seperti tornado. Sampai detik ini, Uniroyal Giant Tyre masih menjadi ban terbesar yang pernah dibuat, meskipun memang tidak difungsikan untuk kendaraan.

Uniroyal tire

Itulah deratan ban-ban terbesar yang pernah diciptakan di dunia. Keren kan, ada yang sampai 25 meter tingginya.

Beli Ban Alat Berat OTR di Tiberman

Ban-ban di atas yang memang dipakai, artinya bukan sebagai pajangan, semuanya adalah ban alat berat yang biasa dipakai untuk alat berat tambang. Misalnya saja ban truk tambang atau ban loader. Anda bisa cek ban-ban kami di bawah ini, atau jika ingin memantau promo ban truk dan alat berat lainnya yang saat ini tersedia juga bisa langsung menuju halaman promo ban.

Ban Truk Tambang

Ban Loader

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *