Keausan Ban Ditunjukkan oleh Apa? Begini Cara Melihat Tanda-Tandanya

Cara Melihat Keausan Ban

Begini Cara Melihat Keausan Ban (Keausan Ban Ditunjukkan oleh Apa?) – Ban merupakan salah satu komponen terpenting pada kendaraan, apakah itu kendaraan normal untuk mengangkut penumpang saja, ataupun kendaraan yang difungsikan untuk mengangkut material-material berat. Bahkan ban merupakan salah satu komponen yang krusial dalam hal keselamatan pengemudi atau operatornya. Pasalnya, bentuk ban, posisi ban pada kendaraan, serta anomali pada kondisi ban dapat mempengaruhi kemudi, bahkan dalam kondisi tertentu seperti ban tiba-tiba rusak di jalanan dapat membuat hilangnya nyawa karena kecelakaan.

Salah satu yang terpenting untuk dilakukan demi keselamatan berkendara tentunya melihat keausan ban. Melihat ban yang dipakai sudah aus ataukah masih layak pakai adalah hal yang perlu dipahami, terutama untuk alat-alat berat yang pengoperasiannya untuk mengangkut beban-beban berat seperti truk, dump truck, atau HD rigid dump truk (dump truck tambang). Bayangkan saja dengan beban mencapai puluhan ton kemudian tidak dilakukan cek ban berkala, bagaimana jika terjadi yang tidak-tidak. Keselamatan operator, orang-orang sekitar, juga kerugian perusahaan menjadi taruhannya dalam urusan kelayakgunaan ban.

Baca juga: Jenis-Jenis Kerusakan Telapak Ban (Tire Tread) Pada Ban Dump Truk

Lantas keausan ban ditunjukkan oleh apa? Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek layak tidaknya suatu ban untuk dipakai. Salah satu yang biasanya dijadikan standar dan disediakan oleh produsen ban adalah melalui TWI atau Tread Wear Indicators.

Namun, selain dengan melihat TWI juga bisa dan perlu melihat faktor-faktor lain. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melihat keausan ban.

Keausan Ban Ditunjukkan oleh Apa?

1. TWI (Tread Wear Indicators)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, TWI adalah indikator pada ban yang telah disediakan oleh produsen ban untuk mengecek keausan pada ban. TWI berbentuk sebuah tonjolan kecil di celah ulir pada telapak ban.

TWI (Tread Wear Indicators) Ban
TWI (Tread Wear Indicators) (sumber: Gridoto)

Tanda benjolan kecil di celah ulir itulah yang disebut TWI. Jika ketebalan atau ketinggian dari telapak ban telah sejajar dengan benjolan tersebut, maka sudah tiba saatnya penggantian ban. Jika tidak, dikhawatirkan akan membahayakan saat kendaraan melaju di jalanan, karena traksi ban terhadap jalan akan berkurang yang bisa menyebabkan terjadinya slip.

Cara mencari letak TWI sendiri juga tidak perlu merunut secara perlahan, anda tinggal mencari tanda berbentuk segitiga di bagian dinding / sidewall ban. Segitiga tersebut menunjukkan jika di arah itu terdapat TWI.

Segitiga TWI Ban
Segitiga TWI (sumber: Gridoto)

Kurang lebih seperti inilah penampakannya.

Cara Melihat Keausan Ban
Cara Melihat Keausan Ban (sumber: Bridgestone)

Baca juga: 3 Jenis Kerusakan pada SIDEWALL (dinding ban) yang Sering Terjadi​

Beli Ban Cicilan

2. Visual Ban

Selain melakukan cek pada TWI ban, ada baiknya untuk melihat ban secara visual. Barangkali ada anomali akau keanehan pada ban anda. Misalnya ketidakrataan salah satu sisi ban yang bisa disebabkan pemompaan ban yang kurang tepat, ataupun kesalahan dalam pemasangan ban.

Visual Ban Tidak Normal
Visual Ban Tidak Normal (sumber: elementwheels)

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh ban terseret saat dilakukan rem mendadak, sehingga salah satu sisi ban menjadi halus dan tidak rata dengan bagian lainnya. Alangkah baiknya untuk segera mengganti ban jika tanda-tanda di atas telah muncul pada ban anda.

Gunakan Ban yang Berkualitas

Selain melakukan cek berkala pada ban anda, tentunya anda harus menggunakan ban yang berkualitas demi kenyamanan penggunaan. Selain itu, dalam dunia perusahaan, kualitas ban juga ikut andil dalam urusan keuntungan perusahaan. Semakin lama umur ban, tentu saja akan linear dengan semakin besar keuntungan perusahaan yang memiliki banyak armada atau alat berat.

Tiberman sebagai supplier ban alat berat, tentu saja menyediakan berbagai produk ban terbaik dengan harga terjangkau untuk anda. Kami menyediakan berbagai ukuran ban truk, ban bus, ban dump truk, ban loader, ban forklift, ban crane, dan ban alat berat lainnya. Selain ban luar, kami juga menyediakan ban dalam truk beserta marset ban dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Berikut beberapa produk ban truk kami.

Anda butuh berkonsultasi terkait produk ban? Kami siap memberikan konsultasi gratis seputar ban truk dan ban alat berat lainnya. Langsung hubungi melalui WA di bawah.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *