Ketahui 5 Jenis Ban Loader untuk Alat Berat

Sedikitnya ada delapan jenis ban loader yang bisa dipilih atau digunakan pada kendaraan alat berat. Ban loader merupakan jenis ban truk yang berfungsi untuk mengangkut dan memindahkan hasil material dengan beban yang berat. 

Karena fungsinya yang mampu mengangkut material berat, ban yang menjadi komponen utama dari kendaraan ini harus bisa bekerja dengan maksimal. 

Selain mengetahui cara memilih ban loader yang tepat, anda juga perlu mengetahui jenis-jenis ban loader yang banyak digunakan di Indonesia. 

Baca juga:

1. Ban solid loader

Kelebihan dari ban solid loader adalah kemampuannya yang bisa berjalan dengan baik di area berlumpur. Terbuat dari material khusus yang membuatnya leluasa dalam bergerak. 

Sehingga gerak ban tidak terbatas hanya karena material yang masuk atau menempel pada ban alat berat.

2. Ban lug 

Selanjutnya, jenis ban alat berat loader ini memiliki tekstur keras seperti batu beton yang bisa memberikan tarikan dan gesekkan baik dalam medan yang terjal. 

Material dan tapak yang mumpuni menjadikan ban lug salah satu unggulan untuk dijadikan ban loader. Pasalnya, ban ini bisa tetap seimbang dan memberikan performa terbaiknya di jalanan rusak berlumpur sekalipun. 

TIPS MEMILIH BAN LOADER

3. Ban turf pattern 

Ban turf pattern punya pola ban mirip rumput. Oleh karena itu, ban loader yang satu ini unggul untuk melewati permukaan tanah yang empuk seperti tanah berumput liar. 

Tekanan pada ban alat berat ini juga rendah sehingga bisa bergerak secara seimbang saat membawa material yang cukup berat. 

4. Ban skid skeeter 

Ban loader dengan jenis yang satu ini hanya tersedia dalam ukuran kecil sehingga tidak semua alat berat bisa menggunakan ban ini. 

Walau kemampuannya unggul dalam mengontrol rim di medan terjal sekalipun. Selain itu, ban alat berat ini juga memadukan antara 50 persen gaya gesek. 

kendaraan alat berat
Ilustrasi kendaraan alat berat (DOK.PEXELS/Ivan)

5. Ban lug industri 

Ban loader yang satu ini merupakan ban dengan fungsi ganda yang bisa digunakan untuk segala permukaan jalan. Seperti jalan beton atau jalan lunak seperti tanah gembur.

Sebetulnya, tidak sulit untuk memilih ban yang tepat untuk alat berat loader. Tiberman menyediakan pelayanan konsultasi mengenai ban yang anda butuhkan secara gratis. Kami menyediakan ban Loader di Indonesia yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

Mengingat kendaraan alat berat loader harus mengangkut beban yang sangat berat dengan kecepatan yang relatif rendah. Sehingga, loader juga harus menggunakan ban yang tahan abrasi dan memiliki daya tahan panas yang tinggi.

Temukan ban loader dan grader terbaik dan cocok untuk ban alat berat dengan pemilihan katalog berikut ini. Selain ban loader seperti di bawah ini juga tersedia ban truk, ban forklift, ban 750 16, ban 1000 20, ban dalam truk, dan marset ban.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *