Ini 4 Cara Pilih Ban Traktor yang Tepat

Ban traktor

Sedang mencari ban traktor yang tepat? Ada beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan. Tidak boleh asal atau sembarang pilih. 

Traktor merupakan kendaraan alat berat yang punya fungsi untuk memudahkan manusia dalam mempekerjakan suatu kegiatan dalam bidang pertanian atau konstruksi. 

Ada banyak jenis traktor yang dibagi berdasarkan fungsinya. Seperti General Purpose Tractor yang punya fungsi pekerjaan secara umum. 

Lainnya, ada Special Purpose Tractor yang punya fungsi untuk penyiraman pada lahan pertanian. Mengulik lebih jauh seputar tips memilih ban alat berat yang tepat dan secara umum. 

1. Daya beban pada tekanan ban 

Cara pilih ban traktor yang pertama adalah melihat daya beban pada ban. Umumnya, daya angkat maksimal suatu ban ditunjukkan pada banyaknya bintang yang tersemat di ban. 

Semakin banyak bintang yang ada di ban traktor maka akan semakin besar pula tekanan dan beban yang bisa dibawa. Misalnya, bintang 2 memiliki tekanan maksimal 24 psi sementara bintang 1 memiliki tekanan lebih kecil atau sekitar 30 psi. 

2. Pilih sesuai kebutuhan antara ban bias vs radial 

Seperti yang diketahui, ada dua jenis ban menurut konstruksinya. Ada ban bias dan radial. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

Dari segi penggunaan, ban radial untuk alat berat memiliki kenyamanan berkendara yang lebih halus walau harganya juga lebih mahal dari pada ban bias. 

Selain itu, ban radial bisa dijalankan pada tekanan yang rendah berbeda dengan ban bias yang harus diisi dengan tekanan maksimal. 

Baca juga: Ban Radial Khusus Truk di Long Hauling Road

Walau ban bias memiliki kecepatan yang rendah serta harganya yang murah, tetapi ban bias memiliki masa pakai yang panjang. 

Hal ini dipengaruhi karena dinding samping pada ban bias cukup kokoh dan kuat terhadap kerusakan atau gesekkan. 

Beli Ban Cicilan

3. Jenis ban traktor yang bisa digunakan 

Ada empat tipe ban alat berat traktor yang dibagi menurut fungsinya. Pertama, ada Tipe R-1 yang cocok untuk pertanian lahan kering. 

Tipe R-2 cocok untuk pertanian berlumpur seperti sawah atau perkebunan tebu. Tipe R-3 merupakan ban alat berat yang cocok digunakan di lereng gunung. 

Terakhir, ada tipe R-4 yang cocok untuk lahan berpasir lembut. Jenis ban traktor tersebut banyak dipasarkan dengan berbagai ukuran. 

Tiberman menjual empat ban alat berat dengan berbagai ukuran, mulai dari 12,4 hingga 18,4 dengan harga mulai dari Rp 2 jutaan. 

Salah satu keunggulan ban traktor di toko ban truk ini adalah desainnya yang memiliki tapak yang kuat dan celah antar tapak bisa mulus di jalanan berlumpur. 

Hal ini membuat traktor akan mudah bermanuver dengan baik. 

4. Pemilihan ban depan dan belakang traktor itu beda

Berbeda dengan jenis alat berat lainnya, traktor memiliki ukuran ban depan dan belakang yang berbeda. Misalnya saja, ban depan punya kode atau kategori yang dilambangkan huruf R, seperti yang dijelaskan sebelumnya. 

Sementara untuk ban belakang traktor, biasa dilambangkan dengan kode F. Misalnya, F1 merupakan ban belakang yang berfungsi baik di tanah. 

Di sisi lain, jenis ban F2 menawarkan kontrol yang baik dan anti selip. 

Banyaknya pilihan yang ditawarkan mungkin akan membuat anda bingung, oleh karena itu kami tawarkan konsultasi gratis tanpa perlu membeli untuk pemilihan ukuran dan jenis ban traktor atau ban alat berat lainnya. 

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *