Mengenal Belaz-75710, Truk Terbesar di Dunia Saat Ini

Mengenal Belaz-75710, Truk Terbesar di Dunia Saat Ini – Dalam bisnis pertambangan, hal terpenting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan tambang adalah menekan budget atau cost sebanyak mungkin dengan harapan mendapatkan hasil yang maksimal. Segala hal yang berhubungan dengan pengeluaran atau biaya operasional sebisa mungkin akan berusaha ditekan namun tetap tidak meninggalkan perhitungan apa yang diperoleh. Artinya, efisiensi dan efektivitas kerja menjadi poin paling penting demi kelangsungan dan perkembangan perusahaan.

Beberapa hal yang berhubungan dengan efisiensi kerja di pertambangan adalah alat berat tambang, termasuk dump truck tambang dan suku cadangnya seperti ban truk dan ban alat berat lainnya. Membicarakan tentang dump truck tambang, ukuran truk itu sendiri dapat sangat meningkatkan efisiensi kerja di pertambangan, tentunya juga dengan memperhitungkan banyak hal. Namun, secara garis besar, semakin besar truk maka semakin banyak material yang dapat dipindahkan dalam satu waktu. Untuk saat ini, kemampuan untuk menampung material terbanyak masih dipegang oleh Belaz-7571 series, yaitu Belaz-75710 dan Belaz-75711.

Melansir dari website resmi Belaz, perusahaan manufaktur internasional asal Belarusia yang fokus memproduksi dump truck dan alat berat tambang, Belaz-75710 diluncurkan pada tahun 2013 dan langsung menjadi truk dengan kapasitas angkut atau payload terbesar di dunia, yaitu 450 ton. Belaz-7571 series telah menjadi kebanggan perusahaan asal Belarusia ini sejak pertama kali diluncurkan, sekaligus masih menjadi truk terbesar di dunia hingga saat ini. Dengan payload 450 ton tentunya efisiensi kerja di pertambang akan meloncat ke level yang berbeda.

Belaz-75710 adalah dump truck tambang raksasa yang didesain sebagai transportasi di area pertambangan dengan bebatuan lepas yang ekstrem. Dump truck yang satu ini juga diklaim cocok digunakan dalam pertambangan terbuka dengan berbagai kondisi medan, hauling, dan cuaca. Belaz juga mengklaim unitnya dapat secara fleksibel beroperasi di area industri maupun jalan raya. Namun pastinya penggunaan terbaiknya adalah di area pertambangan terbuka untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Berikut adalah data spesifikasi dari Belaz-75710 dan Belaz-75711.

Spesifikasi Dump Truck Belaz-7571 Series

Payload capacity450 ton
Engine power3430 (2 x 1715) kW
TransmissionAC/AC electromechanical
Dimensions– Panjang 20,6 m
– Lebar 9,75 m
– Tinggi 8,265 m
Torque9313 Nm
Specific fuel consumption198 g/kWh
Fuel tank volume(2 x 2800) liter
Tires59/80R63
Max speed64 km/h
Turning radius19.8 m
Operational weight390,5 kg
GVW (Gross Vehicle Weight)840,5 kg

Spesifikasi yang luar biasa ini tentunya akan meningkatkan efisiensi perusahaan tambang yang menggunakannya. Namun di luar pembicaraan efisiensi kinerja, mari kita bahas juga betapa besarnya unit truk ini. Dengan ukuran panjang lebih dari 20 meter, lebar hampir 10 meter, dan tinggi lebih dari 8 meter, bukankah ini seukuran rumah 3 lantai. Apalagi dengan ban dump truck ukuran 59/80R63, baru tinggi ban saja sudah mencapai 4 meter, lebih dari 2 kali tinggi orang dewasa. Inilah pemandangan jika seorang manusia berada di hadapan truk terbesar di dunia ini.

Ukuran sebesar ini, jika berjalan di jalan raya pastinya akan sangat mengerikan. Jalanan yang dilewati juga kemungkinan besar akan rusak atau mungkin ambles. Ban truk yang umum digunakan di jalan raya adalah ukuran ban 7.50-16, ban 1000 20, ban 11.00R20, ban 11R22.5 dan ban 12.00R20. Lebih dari ukuran itu, sepertinya sudah sangat jarang dan hampir tidak akan kita temui di jalan raya terutama di jalanan Indonesia.

Sekian pembahasan truk terbesar di dunia ini. Selanjutnya, jika Anda membutuhkan ban dump truck tambang kualitas terbaik dengan harga terjangkau, serta layanan after sales terbaik, maka datanglah ke Tiberman. Kami memiliki berbagai pilihan produk ban alat berat untuk kebutuhan Anda.

Segera hubungi Customer Relation Tiberman melalui WA di bawah ini! Jangan lupa tanyakan ada promo atau tidak ya…

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *