Kenali 6 Penyebab Bead Burn di Ban Truk

Penyebab bead burn bisa terjadi di ban kendaraan alat berat. Kerusakan pada ban truk yang sering kali terjadi di tengah perjalanan dan menjadi kendala bagi para pemilik usaha dengan kendaraan alat berat. 

Bead adalah pondasi pada ban truk yang tergabung dari lembar kawat baja dan bagian pelek. Untuk arti dari bead burn merupakan kerusakan pada ban truk yang terdapat pada bead dan karet yang terbakar sampai hangus. 

Lantas, apa penyebab bead burn di ban truk? Bagaimana cara mencegah bead burn pada ban truk? Artikel ini menjelaskan seputar bead burn. 

Baca juga: 5 Keuntungan Isi Ban Truk dengan Nitrogen

1. Terdapat panas yang berlebihan atau overheat 

Penyebab bead burn yang utama adalah adanya panas yang berlebihan. Kerusakan pada bead karena terbakar dari velg hingga menjalar ke tromol rem. 

2. Temperatur tromol rem meningkat 

Jika, pada bagian tromol rem memiliki temperatur suhu yang tinggi, maka bead burn akan terjadi. Tromol rem yang tiba-tiba panas terjadi karena sistem pengereman yang tidak berfungsi dengan baik. 

Hal ini bisa disebabkan karena kampas rem yang menempel pada tromol sehingga membuatnya macet dan perlu diperbaiki. 

Beli Ban Cicilan

3. Kesalahan pengemudi 

Penyebab bead burn yang selanjutnya adalah karena kesalahan pengemudi dalam menjalankan kendaraannya. Pengemudi yang sering kali menggunakan rem kaki bisa membuat tromol menjadi panas. 

Terutama pada saat melewati pegunungan, pengereman seharusnya bisa dibantu dengan exhaust brake dan engine brake. 

Baca juga: Harga Ban Radial untuk Truk, Mulai dari 2 Jutaan

Kampas rem yang terlalu lama bergesekan dengan brake drum selama perjalanan juga bisa membuat bead burn di ban truk. 

4. Kerusakan pada kampas rem 

Pemicu terjadinya bead burn adalah sistem pengereman yang bermasalah. Hal ini bisa membuat kampas rem tersangkut dan menempel di tromol rem. 

5. Bead burn tidak tepat pada velg

Posisi bead yang tidak berada di posisi yang semestinya di velg juga bisa membuat bead burn. Hal ini bisa membuat sistem pengereman menjadi terganggu dan memicu terjadinya bead burn. 

Baca juga: Ini 6 Bahaya Ganti Velg Ban Sembarangan, Bikin Performa Turun

6. Service brake yang sering dilakukan 

Pengereman oleh rem kaki yang terlalu sering digunakan tanpa mengaktifkan engine brake dan exhaust brake juga bisa membuat kampas rem panas.

Apalagi jika rem kaki atau service brake terlalu sering digunakan di jalan berkelok. Pengemudi wajib mengetahui cara gunakan rem kaki agar tidak terjadinya bead burn. 

Bagaimana mencegah bead burn?

Kalau sudah mengetahui penyebab bead burn di ban truk, saatnya mengetahui cara cegah bead burn. 

Anda bisa melakukannya dengan merawat sistem pengereman truk secara rutin. Hal ini untuk menekan terjadinya gesekan pada kampas rem. 

Lakukan pendinginan rem saat truck istirahat agar tidak terjadi bead burn.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *