Kenali 7 Penyebab Ban Baru Cepat Pecah

seputar ban truk

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab ban baru cepat pecah atau meledak. Kejadian ini mungkin akan membuat pengendara bingung seputar langkah apa yang harus dilakukan kemudian. 

Namun, sebelum mengetahui apa yang harus dilakukan saat pecah ban. Ada baiknya, anda mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan ban meledak agar bisa mengantisipasi hal tersebut. 

Simak tujuh faktor ban baru cepat meledak yang dikumpulkan dari berbagai sumber, salah satunya penempatan muatan yang tidak sesuai.

Baca juga: Jangan Asal Pakai, Ini 6 Cara Pilih Ban Truk yang Tepat

1. Ban kendaraan yang sering digunakan manuver

Ban kendaraan yang digunakan secara sering untuk melakukan manuver atau pengereman secara mendadak bisa menyebabkan pecah ban. 

Disadari atau tidak oleh para pengendara, tetapi ban kendaraan yang sering melakukan manuver kasar justru menyebabkan kondisi ban menjadi aus. 

2. Ban ditambal dengan tidak wajar 

Hal ini mungkin pernah dilakukan oleh beberapa pengendara mobil yaitu menambal ban dengan cacing. Tambal cancing atau model tusuk dipilih beberapa pengendara karena harganya yang terjangkau. 

Namun, tambalan ini sifatnya sementara dan ban harus tetap dibawa ke bengkel untuk penanganan lebih lanjut. Jika, tambalan cacing ini terus digunakan, maka akan menyebabkan pecah ban. 

Beli Ban Cicilan

3. Tekanan udara kurang atau lebih

Ban truk atau kendaraan lainnya yang punya tekanan udara kurang atau lebih bisa menyebabkan pecah ban. Terutama saat ban tersebut digunakan untuk membawa muatan berat. 

Ban yang kekurangan angin bisa menjadi penyebab ban baru cepat pecah karena dindingnya yang mudah membengkak. 

Baca juga: 6 Ciri Ban Truk untuk Muatan Berat Biar Tidak Salah Beli

4. Ban lewat dari masa kedaluwarsa

Perlu diketahui, kalau ban truk atau ban yang digunakan untuk kendaraan lainnya terbuat dari karet. Material ban itu memiliki masa pakainya. 

Kalau ban yang digunakan sudah melewati masa pakai. Ban tersebut bisa berisiko meledak tiba-tiba karena dinding karet dan kawat pada roda yang sudah kering atau rapuh. 

5. Keliru dalam memilih jenis ban yang dibutuhkan 

Para pengguna kendaraan sebaiknya mencari review seputar ban sebelum membelinya. Pasalnya, memilih ban truk yang salah bisa menyebabkan kejadian tidak mengenakan dikemudian hari. 

Misalnya saja, kebutuhan akan kendaraan bermuatan berat sebaiknya menggunakan ban bias. Hal itu karena ban bias lebih kuat menahan beban ketimbang ban kawat. 

Sebelumnya, ketahui jenis ban kawat dan ban bias agar tidak salah pilih. 

6. Muatan ban baru yang tidak sesuai 

Penyebab ban baru cepat pecah yang selanjutnya adalah seputar muatan ban. Ban baru yang harus menahan muatan berlebihan bisa membuatnya cepat meledak. Ada baiknya mengetahui dan mengikuti maksimal beban yang disarankan dalam manual book saat membeli ban truk. 

Baca juga: Ketahui 6 Jenis Tapak Ban Truk dan Fungsinya

7. Kondisi ban 

Secara fisik, ban baru juga harus diperiksa dengan teliti. Pastikan ban yang akan dibeli atau digunakan tidak dalam kondisi aus atau tipis. 

Ban dengan kondisi seperti itu kemungkinan akan mengalami pecah ban karena tidak kuat menahan beban kendaraan. 

Sedang mencari ban truk? Tiberman merupakan toko ban terpercaya dan terlengkap dengan varian ukuran ban yang banyak. Anda bisa mengkonsultasikan seputar ban truk secara gratis tanpa perlu membelinya terlebih dahulu. 

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *