Mengapa Bus Menggunakan Ban Belakang Ganda?

Ban Bus Belakang Ganda

Mengapa Bus Menggunakan Ban Belakang Ganda? – Bus adalah salah satu moda transportasi umum yang sangat populer di Indonesia. Mereka digunakan untuk mengangkut penumpang dalam jumlah besar dari satu tempat ke tempat lain. Salah satu fitur yang umum ditemui pada bus adalah penggunaan ban belakang ganda, yang artinya bus memiliki 2 sumbu roda depan belakang. Sumbu depan berisi 2 ban dan sumbu belakang berisi 4 ban, sehingga total ban bus pada umumnya adalah 6 ban. Lantas, mengapa bus menggunakan ban belakang ganda? Apa manfaatnya? Kali ini, Tiberman sebagai importir ban alat berat akan menjelaskan mengapa bus menggunakan ban belakang ganda dan bagaimana hal ini memberikan keuntungan bagi operasional bus.

Peningkatan Kapasitas Beban

Salah satu alasan utama mengapa bus menggunakan ban ganda adalah untuk meningkatkan kapasitas beban. Dengan menggunakan dua ban bus di belakang, bus dapat menampung lebih banyak penumpang dan barang dibandingkan dengan menggunakan ban tunggal. Hal ini memungkinkan bus untuk mengangkut lebih banyak orang dan barang dalam satu perjalanan, yang dapat mengurangi jumlah perjalanan yang diperlukan dan meningkatkan efisiensi operasional.

Stabilitas dan Keamanan

Penggunaan ban belakang ganda juga memberikan stabilitas dan keamanan tambahan bagi bus. Sebenarnya bukan hanya bus, namun juga alat berat lain seperti truk, biasa menggunakan ban truk ganda atau ban dobel. Dua ban belakang yang terletak di belakang bus memberikan lebih banyak daya cengkeram pada jalan, terutama saat melewati tikungan atau saat kondisi jalan licin. Hal ini membantu mengurangi risiko tergelincir atau terpelanting, yang dapat mengancam keselamatan penumpang dan pengemudi. Namun, yang tetap harus diperhatikan adalah kualitas ban bus yang digunakan serta kebutuhannya. Untuk jenis bus yang berbeda tentunya membutuhkan ban yang berbeda. Umumnya untuk bus berukuran besar menggunakan ban 11R22.5 dengan pola tapak rib.

Beli Ban Cicilan

Pemeliharaan yang Lebih Mudah

Bus dengan ban ganda juga memiliki keuntungan dalam hal pemeliharaan. Dalam kasus ban tunggal, jika terjadi kerusakan atau kebocoran pada ban, bus harus berhenti dan menunggu bantuan untuk mengganti ban tersebut. Namun, dengan menggunakan ban belakang ganda, jika satu ban mengalami masalah, maka masih dapat melanjutkan perjalanan dengan ban yang lain. Hal ini mengurangi waktu henti bus dan meminimalkan dampak pada jadwal perjalanan.

Untuk hal ini, tetap wajib untuk memperhatikan spesifikasi dan kekuatan dari ban yang digunakan. Kekuatan ban untuk menahan bobot berbeda-beda dan semuanya tertera pada sidewall ban berupa nomenklatur. Anda bisa belajar membaca kode ban truk terlebih dahulu agar tidak salah nantinya.

Distribusi Beban yang Merata

Penggunaan ban belakang ganda juga membantu mendistribusikan beban dengan lebih merata. Dengan memiliki dua ban belakang, beban bus dan penumpang terbagi secara lebih merata, mengurangi tekanan yang diberikan pada setiap ban. Hal ini dapat mengurangi risiko kerusakan pada ban dan memperpanjang umur pakai ban, yang pada gilirannya mengurangi biaya pemeliharaan dan penggantian ban.

Pengurangan Risiko Kecelakaan

Terakhir, penggunaan ban belakang ganda pada bus juga dapat mengurangi risiko kecelakaan. Dengan memiliki dua ban belakang, bus memiliki sistem pengereman yang lebih baik dan lebih stabil. Hal ini membantu mengurangi jarak pengereman dan meningkatkan kemampuan bus untuk berhenti dengan cepat dalam situasi darurat. Dengan demikian, penggunaan ban belakang ganda pada bus dapat meningkatkan keamanan bagi penumpang dan pengemudi.

Penggunaan ban belakang ganda pada bus memiliki berbagai manfaat, termasuk peningkatan kapasitas beban, stabilitas dan keamanan tambahan, pemeliharaan yang lebih mudah, distribusi beban yang merata, dan pengurangan risiko kecelakaan. Fitur ini membantu meningkatkan efisiensi operasional bus dan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika bus menggunakan ban belakang ganda sebagai standar dalam industri transportasi.

Gunakan Ban Bus Berkualitas dari Tiberman

Selain memang menggunakan ban ganda memberikan berbegai macam manfaat untuk operasional serta keamanan, penting untuk memperhatikan kualitas ban yang digunakan. Jangan sampai hanya karena mencari barang murah demi irit budget lalu melupakan kualitas ban yang dibeli. Gunakan ban bus dengan kualitas yang bagus seperti ban dari Tiberman.

Sebagai One Stop Supplier Ban Alat Berat di Indonesia, Tiberman tentunya menghadirkan ban bus kualitas terbaik namun dengan harga yang terjangkau. Dengan motto We Provide Solutions tentunya kami mengutamakan solusi untuk pemasalahan customer kami.

Segera hubungi sales online Tiberman melalui WA resmi kami berikut.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *