Makna 7 Warna Helm Safety K3 Pekerja Tambang dan Proyek

Warna helm safety tambang

Makna 7 Warna Helm Safety K3 Pekerja Tambang dan Proyek – Pernahkah kalian mengamati orang-orang yang sedang bekerja di proyek konstruksi atau di area pertambangan? Jika kalian memperhatikan mereka, ada hal yang mencolok dan berbeda dari seragam atau perlengkapan mereka, yaitu warna helm yang dipakai. Ternyata, ada 7 warna helm yang dipakai oleh pekerja tambang dan proyek lainnya sebagai bagian dari APD (Alat Pelindung Diri).

Perlu dikatahui, bahwa sebenarnya helm-helm itu bukan dinamakan helm tambang seperti yang terkenal di masyarakat. Nama yang benar dari helm ini adalah helm keselamatan atau safety helmet. Jadi, sesuai dengan namanya, safety helmet atau helm keselamatan kerja ini memang difungsikan sebagai perlengkapan APD untuk keselamatan kerja para pekerja proyek. Keselamatan kerja setiap individu di proyek maupun pertambangan memang menjadi salah satu perhatian utama karena memang banyak melibatkan hal-hal ekstrim, jadi tidak heran jika di sektor pertambangan sampai ada aturan yang mengatur tentang kriteria kecelakaan tambang.

Jika fungsinya untuk keselamatan para pekerja, lantas untuk apa diberi banyak warna? Apakah warna-warna itu hanya fashion atau ada makna tersendiri? Jika kalian berpikir setiap pekerja diberikan kebebasan untuk memilih warna sesuai selera dan keinginan, maka kalian salah besar. Warna-warna pada helm tambang memiliki makna masing-masing, bahkan menjadi pembeda posisi, profesi, dan jabatan pekerja di lokasi.

Kali ini, di artikel ini Tiberman akan berbagi terkait makna dari 7 warna helm safety K3 pekerja tambang dan proyek. Simak dengan seksama, karena siapa tahu kalian akan membutuhkannya.

Makna 7 Warna Helm Pekerja Tambang dan Proyek

1. Warna Kuning

Helm Safety kuning

Yang pertama adalah helm warna kuning. Mungkin ini adalah warna helm yang paling banyak dijumpai di tempat proyek maupun di area pertambangan. Helm tambang warna kuning terang umumnya dipakai oleh operator, sub kontraktor, dan pekerja umum. Biasanya, selain helm berwarna kuning cerah, mereka juga memakai rompi warna kuning. Kombinasi rompi dan helm kuning terang ini membuat mereka mudah dikenali saat di lokasi. Melihat dari posisi atau profesi para pemakai helm kuning ini, wajar bila yang banyak terlihat di lapangan adalah mereka.

Beli Ban Cicilan

2. Warna Biru

Warna helm safety biru

Selanjutnya adalah helm biru. Helm tambang warna biru biasanya dipakai oleh site supervisor. Selain site supervisor, umumnya yang memakai helm biru adalah petugas kelistrikan, operator teknis, serta pengawas sementara. Ditambah, banyak juga operator alat berat tambang dan proyek konstruksi seperti crane atau wheel loader yang menggunakan helm warna biru.

Berbicara terkait level jabatan, bisa kita lihat di sini pekerja yang memakai helm warna biru umumnya memiliki jabatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pengguna helm kuning.

3. Warna Hijau

Helm tambang hijau

Membicarakan warna hijau, apa yang pertama muncul di benak kalian? Hijau adalah warna yang identik dengan lingkungan. Di manapun itu, apalagi di industri yang berhubungan dengan lingkungan, umumnya akan bertemakan hijau, mulai dari logo, hingga seragam pekerjanya. Nah, di dunia pertambangan juga tidak jauh berbeda.

Helm tambang warna hijau berhubungan dengan lingkungan. Lebih tepatnya, pekerja yang memakai helm warna hijau umumnya adalah mereka yang menjadi pengawas lingkungan. Jika kalian berkunjung ke tempat proyek konstruksi atau pertambangan dan membutuhkan informasi terkait dengan lingkungan, maka langsung saja cari orang yang memakai helm warna hijau, karena kemungkinan besar merekalah yang memahami dan memiliki informasi yang kalian butuhkan.

4. Warna Merah

Warna helm tambang merah

Warna yang banyak diartikan sebagai bahaya atau istilahnya warning dalam dunia keselamatan kerja ini ternyata juga digunakan sebagai warna helm. Di dunia K3, apakah itu pertambangan maupun proyek lainnya, helm merah dipakai oleh petugas bertanggung jawab memeriksa sistem keselamatan yang sudah terpasang dan memastikan sistem tersebut berfungsi sesuai standar. Singkatnya, yang memakai helm merah adalah safety officer.

5. Warna Pink (Merah Muda)

Helm Pink

Warna yang identik dengan perempuan atau warna feminin ini ternyata menjadi salah satu warna helm keselamatan kerja di sektor proyek. Helm pink atau merah muda ini menjadi penanda dan memang umumnya dipakai oleh pekerja baru atau staf magang. Jadi, jika kalian melihat orang yang memakai helm pink, jangan dikira sedang lucu-lucuan ya. Mereka adalah para pekerja yang belum lama bergabung atau staf yang masih dalam status magang.

6. Warna Oranye

Helm Tamu Tambang Oranye

Warna selanjutnya adalah warna oranye. Helm oranye digunakan sebagai penanda bahwa yang memakai adalah tamu atau pengunjung. Jadi, jika kalian berkunjung ke area proyek, agar tetap sesuai dengan standar K3 maka wajib memakai safety helmet. Nah, untuk membedakan agar tidak salah dikira sebagai pekerja proyek, maka dibedakanlah melalui warna helm yang dipakai. Dengan begitu, pengunjung tidak akan dikira sebagai pekerja, namun tetap menjaga keselamatannya di area proyek maupun pertambangan.

7. Warna Putih

Helm Safety K3 Putih

Yang terakhir adalah warna putih. Helm warna putih di area proyek dan pertambangan sering kali menjadi bahan perbincangan di dunia maya atau media sosial. Sering juga masuk menjadi konten viral. Helm putih ini bisa dibilang primadona di antara warna helm yang lain, karena helm putih dipakai oleh orang-orang yang memiliki jabatan tinggi di area proyek. Biasanya mereka ini memiliki jabatan manager, insinyur, atau mandor dengan gaji yang tentunya sangat tinggi. Dari sini tentunya kalian tahu kenapa banyak orang berhelm putih di pertambangan yang kontennya menjadi viral dan diperbincangkan di dunia maya.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai helm keselamatan atau safety helmet yang digunakan oleh para pekerja tambang maupun proyek konstruksi dan lainnya. Kalian juga bisa mendapatkan konten-konten serupa dengan mengikuti akun instagram resmi Tiberman di @tiberman.id.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *