Jangan Asal Pakai, Ini 6 Cara Pilih Ban Truk yang Tepat

cara memilih ban truk

Ada cara memilih ban truk yang mudah ketahui agar tidak salah pilih. Pasalnya, memilih ban truk yang tidak tepat bisa membuatnya mudah rusak.

Tentu saja, penyebab ban truk yang tidak awet bisa dari beberapa faktor. Salah satunya, perawatan atau kondisi cuaca buruk seperti musim hujan yang membuat medan jalan tidak baik.

Para pebisnis tentunya harus mengetahui sedikit banyak seputar cara memilih ban truk, jenis ban truk, hingga kapan ban truk seharusnya diganti.

Dalam artikel ini menjelaskan seputar jenis ban truk dan pengertian hingga cara pilih ban truk. Kenali lebih dini agar ban truk yang akan dipilih nantinya bisa memaksimalkan fungsi saat berada di jalanan.

Cara memilih ban truk

Tidak boleh asal memilih, ban truk harus dipilih dengan tepat agar awet lama dan memudahkan saat di perjalanan dalam segala kondisi.

Lantas, seperti cara memilih ban truk yang benar? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Inilah Perbedaan Ban Radial dan Ban Bias

1. Pilih ban truk dari jenis bannya

Cara memilih ban truk yang pertama adalah dari jenisnya. Ada tiga jenis ban truk yang bisa kamu pilih sesuai dengan fungsi dan medan yang akan dilalui. 

Ketiganya memiliki keistimewaan sendiri-sendiri. Ada yang lincah di jalan raya beraspal, tetapi ada juga yang mampu lalui di jalan kondisi berpasir, berlumpur, atau bebatuan. 

Sesuaikan dengan kondisi jalan dari truk yang akan Anda dilalui nantinya.

Hanya saja, tipe dasar ban truk yang umum di Indonesia adalah Ban Halus, Ban Kasar, dan Ban Semi Kasar.

Dalam katalog Tiberman, ban halus memiliki keunggulan desain telapak yang dirancang untuk kecepatan tinggi. Jenis Ban halus ini cocok untuk jalan yang beraspal karena akan digunakan untuk angkutan barang yang di area perkotaan seperti logistik. Jenis ban truk ini biasa digunakan untuk truk wingbox, trailer, atau tronton yang khusus perkotaan. 

Selanjutnya, ada tipe ban truk semi kasar yang punya keunggulan dua jenis medan jalan seperti off the road dan on the road. Khusus jenis ban semi kasar yang di jalan off the road, hanya bisa digunakan di jalanan hutan atau berpasir. 

Terakhir, ada tipe ban truk kasar yang memiliki. Keunggulannya adalah desain tapak yang pas digunakan untuk jalanan buruk seperti off the road. Jenis ban truk kasar cocok digunakan di area pertambangan emas, batubara, nikel, dan lainnya. Karena jenis ban truk kasar dirancang untuk memiliki desain telapak yang luas, jadi mampu membersihkan diri dari kerikil. 

Semua jenis ban truk untuk muatan berat di segala kondisi bisa dibeli di Tiberman.com dengan variasi lengkap dan harga yang terjangkau. 

Beli Ban Cicilan

2. Perbedaan ban bias dan radial

Ada dua jenis umum ban truk yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Seperti bahan membuat, beban, kecepatan, jarak, dan temperatur. 

Ban radial terbuat dari bahan kawat sementara ban bias terbuat dari bahan benang atau nylon. 

Secara elastisitas, ban radial memiliki sidewall yang cukup lentur dibandingkan dengan ban bias. Selain itu, kecepatan ban radial juga lebih tinggi dibandingkan ban bias. 

Ban radial atau yang biasanya disebut dengan ban kawat ini memiliki jarak tempuh cukup jauh dengan keunggulan yang tahan panas. 

Hal tersebut berbeda dengan ban bias atau ban benang yang cepat panas. 

3. Pilih jenis telapak ban yang tepat 

Setiap ban kendaraan memiliki desain tapak yang berbeda-beda. Begitu juga dengan ban truk.

Desain tapak ban disesuaikan dengan performa dan medan jalan yang akan dilalui. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui jenis tapak ban yang tepat saat memilih ban truk.

Pertama, jenis tapak ban truk dengan pola rib melingkari ban. Sekilas, tapak ban ini memiliki bentuk seperti huruf S.

Ban truk dengan desain tapak ban seperti itu cocok untuk digunakan pada permukaan jalan beraspal dan beton. Hanya saja, ban truk dengan desain tapak ban seperti ini kurang bagus dalam mengerem di jalan basah. 

Kedua, tapak ban dengan lekukan yang tegak lurus melingkari ban. Jenis tapak ban seperti ini cocok untuk digunakan saat melintasi jalanan berlumpur atau berpasir. 

Kekurangan dari penggunaan jenis ban dengan desain tapak seperti ini adalah suara yang dihasilkan cukup keras saat melaju dengan kecepatan tinggi. Tapi itu tergantung dengan medan jalan yang dilalui.

Terakhir, jenis tapak ban Mix atau penggabungan desain lug dan rib. Bentuknya seperti huruf S dengan alur tegak lurus melingkari ban. 

Jenis tapak ban seperti ini cocok untuk jalanan beraspal atau tanah berpasir. 

Baca juga: Temukan Ban Truk Berkualitas dengan Harga Bersaing

4. Pilih ukuran dan velg ban truk tepat

Pastikan kamu memilih ukuran ban truk sesuai kendaraan truk pengguna. Cek ukuran ban pada buku manual. Belilah sesuai dengan ukuran ban yang sudah ditentukan agar performa truk sejalan dengan jenis ban yang digunakan.

Sehubung dengan pemilihan ukuran yang ban truk yang benar, kamu juga perlu memilih velg ban yang sesuai untuk truk. Pasalnya, jika salah memilih bisa memperpendek usia ban.

Disarankan untuk memilih velg ban dari beberapa faktor, salah satunya yang memiliki lebar bibir cukup lebar. Selain itu, pilih disc pelek yang tebal agar aman dan sesuai dengan muatan serta medan jalan yang akan ditempuh. 

Sudah mengetahui ukuran dan pelek ban truk yang tepat, saatnya mengetahui cara baca kode pada ban truk. Kode ban truk berisikan informasi seperti aspect ratio, diameter dari velg, dan konstruksi ban. 

Contoh, kode 10.00-20 16PR yang tertulis pada ban truk memiliki arti bahwa “10.00” menyatakan ukuran bannya, “-” berarti konstruksi dari bahan bias, “20” berarti diameter velg nya, dan “16PR” berarti nilai kekuatan berdasarkan ketebalan lapisan komponen yang berada di dalam ban.

5. Lihat Performa dari bannya

Sebagai salah satu bentuk keselamatan dari pengemudi, kunci memilih ban truk yang selanjutnya adalah pilih dari segi performa bannya.

Performa ban truk yang baik tentu saja yang memiliki daya cengkram jalan yang tinggi saat mengerem dengan kecepatan yang tinggi di jalan. 

Selain itu, pastikan ban truk yang kamu pilih memiliki performa baik dalam kondisi jalannya.oleh sebab itu sesuaikan bannya dengan kondisi jalannya.

jika memilih ban yang tidak sesuai dengan kondisi jalannya dan performanya, maka ban tersebut akan cepat rusak.

6. Beli ban truk di tempat terpercaya

Cara memilih ban truk yang terakhir adalah beli ban truk di tempat yang terpercaya dengan memberikan banyak rekomendasi seputar merek ban truk terbaik di indonesia.

Salah satu toko ban truk di Surabaya yang terpercaya adalah Tiberman. Ada banyak pilihan tipe, ukuran, hingga merek yang bisa kamu pilih dengan harga yang bersaing.

Kapan ban truk harus diganti?

Setelah mengetahui, cara memilih ban truk yang benar. Saatnya mengetahui juga, waktu yang tepat untuk mengganti ban truk.

Semua jenis ban kendaraan umumnya memiliki masa pakai.

Sama halnya dengan ban truk, masa pakai ban truk yang mencapai sekitar 25.000 hingga 75.000 Kilometer dalam selang waktu sekitar lebih dari 6 tahun. 

Sering mengecek jarak tempuh dan kendaraan sangat diperlukan untuk menghindari adanya ban slip.

Selain melihat dari masa pakai, kamu juga perlu mengetahui kondisi fisik dari ban truk.

Ban truk yang memiliki benjolan atau sayatan harus cepat diganti agar tidak membahayakan pengemudi karena bisa saja memiliki risiko ban meledak.

Related Posts

1 thought on “Jangan Asal Pakai, Ini 6 Cara Pilih Ban Truk yang Tepat”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *