5 Cara Bersihkan Ban Truk, Bebas Lumpur dan Kinclong

cara rawat ban truk, dump truck, ban kendaraan muatan berat

Ban menjadi salah satu bagian penting dari kendaraan yang harus selalu dirawat. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara bersihkan ban truk yang benar. Terutama untuk ban truk melewati medan berlumpur.

Ada cara membersihkan ban truk dengan benar, cepat, dan aman untuk merawat ban agar bisa digunakan lama. Simak caranya berikut ini. 

Baca juga: 7 Cara Rawat Ban Truk agar Awet Lama, Lakukan Secara Rutin

1. Cara cuci ban truk 

Cara cepat bersihkan ban truk yang pertama adalah dengan menyemprotkan air dari selang di bagian bawah truk. Setelah itu, gunakan sabun cuci dengan busa banyak pada badan ban. 

Sikat hingga ke sela-sela bagian ban agar kotoran yang menempel hilang. 

2. Gunakan sabun cuci berbusa 

Menggunakan sabun cuci berbusa khusus ban berfungsi untuk mengangkat noda lumpur yang menempel pada ban. Sehingga ban truk bisa kembali bersih dan kinclong. 

Kamu bisa menggunakan foam khusus ban agar kotoran bisa hilang dalam sekejap. 

Beli Ban Cicilan

3. Cara cuci ban truk dengan cairan khusus pelek 

Selain membersihkan bagian ban, kamu juga perlu mencuci bagian pelek ban agar terlihat bersih.  Untuk membersihkannya, kamu perlu cairan pembersih khusus velg ban

Siapkan wadah bersih, taruh pelek di dalamnya, pastikan terendam dengan air, dan tuang cairan.  Biarkan cairan pembersihkan bekerja terlebih dahulu selama satu sampai dua menit. 

Setelah itu, sikat dengan bulu kaku untuk membersihkan noda yang menempel pada velg.  Hindari menggunakan sikat dengan bulu besi karena bisa memberi goresan pada velg. 

Baca juga: 6 Cara Ganti Ban Truk dengan Cepat, Mudah Diikuti Pemula

4. Gunakan selang air bertekanan tinggi 

Kalau sudah memberikan cairan sabun khusus untuk ban dan velg saatnya menghilangkan busa atau cairan tersebut. 

Kamu perlu menyiapkan selang air bertekanan tinggi untuk membersihkan sisa sabun sekaligus merontokkan lumpur kering yang menempel pada ban truk

5. Gunakan semir ban hitam 

Setelah mencuci ban dan velg, saatnya meniriskannya agar air cucian keluar sempurna. Kamu bisa menggosokkan semir khusus ban agar warnanya hitam legam seperti baru. 

Cara bersihkan ban truk yang terakhir ini, kamu perlu menggunakan lap atau handuk lembut saat menggosokkan semir ban agar tidak merusak lapisan terluar dari ban truk.  Lakukan gerakan memutar pada saat menggosokkan semir pada lapisan luar ban.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *