5 Penyebab Kabin Truk Bocor, Ketahui agar Bisa Dicegah

kebocoran pada kendaraan

Sedang asik berkendara, tiba-tiba ada air menetes dari kabin kendaraan. Tentu saja, kabin truk bocor bisa membuat anda tidak nyaman dalam mengendarai truk. 

Oleh karena itu, simak penyebab kabin truk bocor yang bisa dihindari. Umumnya, kebocoran biasa terjadi pada kendaraan yang sudah berusia lebih dari sepuluh tahun. 

Namun, tidak menutup kemungkinan kalau hal tersebut juga terjadi pada kendaraan dibawah sepuluh bahkan lima tahun. Simak penyebabnya.

Baca juga: Mengapa Ban Truk Sering Bocor Alus? Ketahui 5 Penyebabnya

1. Kaca kendaraan bagian depan 

Air yang masuk ke dalam kendaraan dan mengaliri bagian celah interior truk bisa membuat kerusakan di dalamnya, jika dibiarkan saja. 

Salah satu penyebab kebocoran pada kabin truk adalah proses instalasi saat memasangkan kaca depan kendaraan tidak benar. 

Hal tersebut membuat lem kaca mobil atau urethane tidak mengering dengan sempurna sehingga menyebabkan kebocoran pada kabin. 

Oleh karena itu, penting untuk membawa truk ke bengkel kaca mobil terpercaya dan berkualitas agar tidak menyebabkan kerusakan di keesokan harinya.

2. Terdapat Korosi 

Korosi merupakan kerusakan material diakibatkan oleh reaksi kimia yang ada di dalam rangka bodi truk. Anda wajib melihat dan mengecek sendiri bodi terutama di sekitar kabin atas. 

Jika ada yang keropos segera lakukan perbaikan dengan cara dicat ulang atau diamplas halus. Hal ini agar tidak terjadi kebocoran keesokan harinya. 

Selain itu, anda juga perlu melepas kaca depan mobil untuk melakukan perbaikan menghilangkan karat.

Beli Ban Cicilan

3. Karet pintu 

Kebocoran pada kabin truk juga bisa disebabkan karena karet pintu yang sudah getas. Karet pintu yang rusak bisa dilihat dari karet yang mengering, mengeras, atau adanya retakan.

Kalau sudah begitu perlu adanya perbaikan di bengkel kendaraan alat berat untuk mengganti karet pintu. 

Baca juga: 2 Tips agar Truk Bisa Melewati Jalanan Licin

4. Kebocoran karena aksesoris 

Penyebab kabin truk bocor juga bisa diakibatkan karena penggunaan aksesoris yang tidak tepat. Pemasangan aksesoris sebenarnya sah saja untuk dilakukan asal instalasinya benar dan dilakukan oleh yang ahli. 

5. Adanya lubang kecil 

Kabin truk juga bisa memiliki lubang kecil di plafonnya tanpa diketahui oleh pengemudi. Lubang tersebut yang membuat adanya rembesan air. 

Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan mengaplikasikan sealant silicon rubber secara merata dan tunggu hingga kering. 

Tips merawat kabin truk ini juga penting dilakukan agar tidak terjadi korosi atau kebocoran yang menyebabkan kerusakan atau ketidaknyamanan saat berkendara.

Merawat truk bukan hanya dari kabin saja, tetapi anda juga perlu melihat komponen penting lainnya seperti ban. Untuk mendapatkan yang terbaik, anda tidak boleh sembarang pilih dan beli. Pasalnya, perlu pengetahuan dan kecermatan dalam menggunakannya akan masa pakainya lama.

Tiberman merupakan toko ban truk yang menawarkan berbagai jenis ban truk dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik. Anda tidak hanya ditawarkan pada satu produk unggulan saja, tetapi merek ban truk lainnya yang sudah dipercaya dan digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Konsultasikan secara gratis melalui contact yang tertera dalam website official kami.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *