Pemilihan Ban Loader mempunyai banyak pertimbangan oleh pemilik kendaraan maupun perusahaan yang menyediakan. Sebagaimana kami sebagai penyedia ban Loader Surabaya, kami perlu menjelaskan beberapa hal pada konsumen agar tidak salah. Loader adalah alat yang fungsinya adalah mengangkut atau memindahkan aneka material, terutama yang berat. Karena itu, setiap bagian dari alat berat ini diharapkan mampu menahan beban kerja dan fungsi secara maksimal.

Salah satu bagian pada loader yang harus dipilih dengan tepat adalah pada bagian ban. Ban untuk alat berat ini memang tersedia dalam beberapa jenis dan bentuk. Setiap jenis dan bentuk disesuaikan dengan kegunaan masing-masing ban. Agar tidak melakukan kesalahan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih ban loader:

1.      Memilih ban berdasarkan medan atau tempatnya.

Tempat merupakan hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih ban. Ada beberapa pertimbangan untuk memilih ban di medan yang ekstrim. Yang pertama adalah jenisnya. Jenis ban ada dua berdasarkan komponennya:

A.    Ban Bias

Ban bias merupakan ban yang terdiri salah satunya dari lapisan nylon didalamnya, sehingga ban ini tidak terlalu berat. Ban bias terkenal pada medan yang ekstrim karena ban ini memiliki dinding yang kuat. Ban bias biasanya lebih murah sehingga banyak orang menjadikan hal ini sebagai pertimbangan untuk cost sebuah perusahaan.

B.     Ban Radial

Ban radial merupakan ban yang terdiri salah satunya dari lapisan kawat besi didalamnya, sehingga ban ini lebih berat daripada ban bias. Ban Radial terkenal dengan tapak yang kuat dan dapat melaju lebih cepat, serta hemat bahan bakar. Ban radial biasa digunakan pada medan yang tidak ekstrim karena biasanya ban ini dibutuhkan untuk kerja cepat dan tahan lama.

 

2.      Memilih ban berdasarkan spesifikasi

Hal yang sangat dilewatkan oleh para konsumen adalah spesifikasi sebuah ban. Ban memiliki spesifikasi yang nantinya menjadi sebuah harga yang harus dibayar. Semakin rendah spesifikasi sebuah ban, sudah pasti semakin murah. Spesifikasi sebuah ban yang perlu dipertimbangkan adalah Lebar Tapak ban, Kedalaman tread/pola ban, Plyrating ban, kekuatan muat ban, dan index kecepatan sebuah ban.

 

3.      Sesuaikan dengan ukuran ban dan tipe ban

Ukuran Ban Loader tertulis di dinding ban. Tipe ban ada yang tubeless dan tubetype pada setiap loader. Tipe ban tubeless, tidak bisa dipakai pada tubetype, jadi pastikan sesuai dengan ukuran dan tipe ban.

Sebenarnya tidak susah untuk memilih ban yang tepat untuk Loader, ataupun alat berat. Karena kami bersedia melakukan konsultasi mengenai ban yang anda butuhkan. Kami menyediakan ban Loader Surabaya yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan.


Artikel Pilihan Lainnya

Ban Loader CAT Caterpilar Tiberman
Ban Loader CAT Caterpilar Tiberman

Loader adalah mesin alat berat yang digunakan dalam konstruk...
Read More

Ban Grader Tiberman
Ban Grader Tiberman

GRADER, yang pada umumnya disebut road grader atau motor gra...
Read More

Ban Loader dan Grader Berkualitas Pilihan Tiberman
Ban Loader dan Grader Berkualitas Pilihan Tiberman

Wheel loader merupakan salah satu alat berat beroda karet (b...
Read More

Temukan Ban untuk Loader Hitachi di Tiberman
Temukan Ban untuk Loader Hitachi di Tiberman

Hitachi memiliki 14 tipe wheel loader yang kisaran ukurannya...
Read More

Ban Loader Komatsu Terbaik dari Tiberman Surabaya
Ban Loader Komatsu Terbaik dari Tiberman Surabaya

Komatsu adalah perusahaan multinasional asal Jepang yang mem...
Read More