RAHASIA MERAWAT BAN YANG JARANG DIKETAHUI

RAHASIA MERAWAT BAN YANG JARANG DIKETAHUI

Sebuah ban bisa berumur panjang dengan beberapa perawatan khusus dari pemiliknya. Hal ini merawat ban menjadikan sesuatu yang sangat krusial dalam menentukan umur ban. Dengan berbagai perawatan dan tips dari kami, bisa dibuktikan bahwa ban akan semakin awet. Memang ketahanan suatu ban menjadi salah satu penyebab kenapa ban itu mahal. Salah satu penyebab ban rusak adalah pengemudi yang tidak memperhatikan kondisi jalan dengan baik, sehingga medan apapun diterjang dengan ceroboh. Berikut beberapa tips merawat ban dari kami agar ban yang anda beli dari Tiberman dapat berumur panjang :

A. Sesuaikan Kondisi Jalan dengan Jenis Kembangan/Tread yang Anda Gunakan.

Setiap medan memiliki rintangannya masing-masing. Ada medan yang berlumpur sehingga tread yang biasa digunakan dijalan beraspal, akan sangat licin saat digunakan di jalan yang berlumpur. Begitu juga ban dengan tread yang digunakan di jalan aspal tidak bisa digunakan di wilayah tambang yang berbatu. Hal ini dapat menyebabkan ban mudah pecah. Sebisa mungkin hindari ban dari benturan benda keras apapun. Karena ban dari pabrik terkenal manapun jika medannya sangat ekstrim, ban akan tetap mudah rusak.

B. Sesuaikan Tekanan Angin Pada Ban

Tekanan angina pada ban harus sesuai dengan tekanan yang tertera pada dinding ban. Ban yang dipompa jangan sampai terlalu penuh ataupun kempes, karena akan merusak beberapa bagian ban. Ban yang dipompa dibawah standard tulisan dinding ban akan merusak dinding ban. Untuk mengetahui tekanan standard pada ban, terdapat angka dan dengan satuan psi pada dinding ban. Biasanya pada ban yang memiliki plyrating tinggi, akan semakin kuat dalam menahan tekakan, sehingga ban tidak mudah bocor. Inilah salah satu alasan, kenapa ply rating sebuah ban sangatlah penting.

Beli Ban Cicilan

C. Atur Kecepatan Kendaraan

Pada setiap ban, memiliki index kecepatan tertentu. Index kecepatan pada ban biasanya bersebelahan dengan index kekuatan muat pada ban. Hal ini karena pada ban yang memuat dengan muatan sangat berat, sangat tidak dianjurkan untuk melaju dengan kecepatan rata-rata. Ban yang memuat seperti ini wajib melaju dengan kecepatan dibawah rata-rata.

D. Hindari Muatan Berlebih

Ban yang sering memuat diluar kemampuan berat muatnya, akan sangat mudah rusak. Pada dinding ban biasanya terdapat tulisan Max Load. Max Load adalah batas berat muatan sebuah ban. Belilah ban dengan plyrating tinggi jika sering mengankut muatan yang berat. Jika diperkirakan melebihi batas muatan, maka lebih baik dikurangi agar ban tetap awet dan terjaga.

Keempat hal di atas merupakan sesuatu yang sangat krusial dan dapat menyebabkan kerusakan secara nyata pada ban jika tidak diperhatikan, untuk itu alangkah baiknya keempat hal di atas sangat diperhatikan agar ban yang dimiliki dapat bertahan lama dan dapat menghemat anggaran. Beli lah ban alat berat yang memang sudah teruji dilapangan sehingga berkualitas. Jadilah pembeli yang cerdas agar tidak terkecoh dengan harga yang murah dengan spesifikasi ban yang rendah.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *