Tiberman

Jenis-Jenis Kerusakan Telapak Ban (Tire Tread) Pada Ban Dump Truk

Jenis-Jenis Kerusakan Telapak Ban (Tire Tread) Pada Dump Truk

Kerusakan pada telapak ban khususnya untuk ban dump truk sering terjadi di jalan area tambang atau hutan kelapa sawit. Tapi banyak pengguna dump truk tidak tau apa-apa mengenai penyebabnya, biasanya mereka hanya tau bahwa kerusakan ini terjadi karena kualitas ban-nya tidak bagus. Hal ini yang menyebabkan mereka sering bergonta-ganti merk ban tapi hasilnya sama saja. Sebenar banyak hal yang penyebabkan kerusakan pada telapak ban. Oleh sebab itu di sini akan di jelaskan mengenai jenis-jenis kerusakan pada telapak ban dan penyebab kerusakannya.

Jenis-Jenis Kerusakan Telapak Ban dump truk serta Penyebabnya

Artikel ini akan menjelaskan mengenai kerusakan pada telapak ban khususnya untuk ban dump truk. Di sini akan mengunakan contoh ban yang pernah mengalami kerusakan di area kelapa sawit kalimatan seletan dengan kondisi jalan Berbatu (Hauling Road). Berikut dibawah ini penjelasan mengenai jenis-jenis kerusakan pada telapak ban khususnya ban dump truk.

1. Tread Bursting

Tread burst adalah telapak ban yang pecah. Penyebabnya adalah benturan dengan benda keras seperti batu besar yang ada di jalan. Hal ini menyebabkan kawat pada dalam ban-nya keluar begitu saja.

2. Tread Cut

Tread Cut adalah sobek pada telapak ban. Penyebabnya adalah Telapak ban terkena benda tajam seperti pecahan-pecahan batu dan akhirnya batu tersebut berbentuk batu yang tajam. Pecahan batu tersebut terbentuk karena sering di injak atau dilewati oleh kendaraan dump truk yang besar dan menyebabkan batu itu lama kelamaan pecah. Batu dengan bentuk tajam seperti ini bisa ditemukan di area jalan hauling. Hal seperti ini yang menyebabkan terjadinya sobekan pada telapak ban.

3. Batu Terselip

Sesuai dengan nama jenis kerusakan ban yaitu batu terselip. Penyebab pasti semua orang tahu  bahwa ban ini sering melewati area jalan yang berbatuan seperti contoh gambar di atas. Hal ini menyebabkan batu-batu yang di jalan masuk ke celah-celah telapak ban. Berikut contoh gambar dari dampak batu terselip celah-celah telapak ban.

Contoh dampak jenis kerusakan telapak ban batu terselip

Dampak batu terselip ini akan menyebabkan alur telapak ban cepat rusak dan mudah sobek. Apalagi saat kondisi telapak ban seperti ini dan beban muatan yang tinggi, maka wajar saja ban apa pun akan langsung sobek jika kondisi area telapak ban seperti ini. Oleh sebab itu cara yang terbaik adalah memilih ban yang tepat sesuai dengan kondisi jalan. Carilah ban yang memiliki Alur telapak ban yang lebih lebar dan terdapat bantalan-bantalan kecil yang berfungsi sebagai pelindung  ban dari batu.

Kesimpulan

Tidak ada cara untuk menghindari jalan yang berbatu. Karena di area tambang atau hutan kelapa sawit pasti melewati jalan yang berpasir, berbatu, dan berlumpur. Oleh sebab itu berhati-hati saat melewati jalan yang berbatu dan hindari benda-benda keras lainnya yang ada di jalan. Karena ini akan menyebabkan kerusakan fatal bannya. Kemudian untuk menjaga ban tetap awet di area hauling road, maka bersihkan setiap ada batu atau benda keras di area jalan hauling. Hal ini dapat menghindari ban tidak cepat rusak di area pertambangan atau kepala sawit.

Leave a Comment

Your email address will not be published.