Penjelasan Lengkap Apa Itu Jalan Hauling atau Hauling Road

Jalan hauling atau hauling road

Penjelasan Lengkap Apa Itu Jalan Hauling atau Hauling Road – Hauling merupakan suatu istilah yang banyak digunakan di ranah pertambangan. Jadi, meskipun masyarakat secara umum masih banyak yang belum paham atau bahkan tidak pernah mendengar istilah ini, para pekerja dan orang yang berhubungan dengan dunia pertambangan tentu sudah biasa mendengar istilah ini. Lantas apa sebenarnya jalan hauling ini? Mari kita bahas lengkap mulai pengertian hauling road, hingga ban alat berat yang cocok.

Pengertian Jalan Hauling atau Hauling Road

Jika kita artikan secara literal, hauling yang berasal dari bahasa Inggris ini artinya adalah mengangkut, menyeret, dan menarik. Jika kita hubungkan dengan dunia pertambangan, tentu saja ini sangat berkorelasi. Dunia tambang yang didominasi alat berat dan memang difungsikan untuk mengangkut atau membawa material, tentu saja cocok menggunakan istilah hauling ini.

Mengacu pada pengertian di atas, kita bisa ambil kesimpulan bahwa jalan hauling adalah jalan yang difungsikan untuk aktivitas pengangkutan. Aktivitas pengangkutan ini tentu saja pengangkutan material berat seperti batubara, nikel, besi, hasil tambang lainnya, bahkan bisa juga hasil perkebunan seperti sawit, dan lain-lain.

Jalan Hauling / Hauling Road adalah jalan seperti jalanan di area pertambangan, kelapa sawit, dan area yang biasa dilewati oleh ban alat berat seperti jalan tanah bebatuan, berpasir, atau berlumpur. Jalanan ini memang disediakan sebagai jalur angkut alat berat tambang atau dump truck jika di perkebunan sawit. Istilah ini digunakan dalam industri pertambangan dan dapat merujuk pada jalan dalam operasi pertambangan seperti tambang terbuka dan tambang tertutup. Ini juga dapat digunakan untuk jalur antara operasi penambangan dan lokasi pemrosesan. Jenis truk dan jenis alat berat juga menentukan bagaimana jalan dirancang dan dibangun untuk kegiatan yang sering dilewati kendaraan alat berat.

Penentuan efektifitas atau utilitas jalan hauling dalam pengelolaan pertambangan dapat meliputi:

  • Jumlah jalur
  • Lebar jalan
  • Kemiringan jalan
  • Bahan dasar jalan
  • Geometri tikungan jalan

Baca juga: Truk Tambang Terbesar di Dunia, Jangan Ngeri Lihat Ukurannya!

Merujuk penjelasan di atas, jalan hauling atau hauling road ini merupakan medan ekstrim yang membutuhkan ban khusus agar bisa melewatinya dengan efisien. Jenis ban tersebut adalah jenis ban off the road yang mampu melewati bebatuan, pasir, atau berlumpur. Biasanya, ban wheel loader, ban motor grader, dan ban truk tambang memiliki spesifikasi yang memang didesain untuk melalui jalan hauling ini.

Berikut contoh ban khusus area pertambangan untuk jalan off the road.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *