APA PENTINGNYA KEDALAMAN TREAD/TELAPAK BAN ?

APA PENTINGNYA KEDALAMAN TREAD TELAPAK BAN

Kedalaman tread / telapak ban adalah ketinggian atau kedalaman celah pada suatu kembangan atau tread. Salah satu kegunaannya adalah untuk meningkatkan traksi sehingga suatu ban tidak mudah selip. Selain itu tread yang sangat dalam juga dapat mencegah tusukan benda tajam di telapak ban untuk sampai pada celah ban sehingga ban tidak sobek atau bocor.

Hujan yang sering terjadi sangat berdampak pada kondisi jalan yang akan dilalui. Masalah seperti ban selip, sangat sering terjadi akibat pemilihan ban truk yang tidak sesuai dengan kondisi jalan. Pengendara yang sering melintasi jalanan tanah, berbatu tajam, dan sering tergenang air akibat hujan sangat membutuhkan ban yang memiliki kedalaman telapak ban lebih dari 2.5 cm.

Kedalaman tread / telapak ban yang melebihi 2.5 cm pada jalanan berlumpur dia akan sedikit masuk lalu berputar dan mendapatkan traksinya sehingga kendaraan akan bergerak maju atau mundur. Sedangkan ban yang tidak memiliki tread sedalam itu, akan lebih tinggi kemungkinannya tidak melakukan traksi akibat treadnya tidak masuk kedalam tanah yang basah dan cenderung hanya sampai permukaan tanah.

Pengankutan material dari lokasi tambang ke stockpile tidak semuanya memiliki jalan yang baik. Sangat banyak justru jalanan Hauling sangat basah, atau dipenuhi batu yang tajam. Untuk itu pemilihan ban yang tepat sangat dibutuhkan agar tidak terganggunya perjalanan saat pengankutan material yang dapat menghambat produktifitas.

Biasanya semakin dalam tread, harganya semakin mahal. Karena sudah pasti kualitas dan jumlah compound yang digunakan lebih banyak. Otomatis bobot ban dengan tread yang lebih dalam pasti lebih berat. Hal ini merupakan salah satu yang perlu diketahui saat membeli ban truk, atau ban OTR (Off The Road).

Pemilihan ban yang tepat memang memiliki nilai investasi yang tinggi diawal, akan tetapi hal ini dapat membuat tingkat produktifitas menjadi tinggi. Jadi, sudahkah anda memperhatikan kedalaman tread ban ketika membeli ? karena banyak ban yang treadnya Cuma 2 cm dibandingkan dengan yang 3cm jelas beda jauh dari segi harga maupun bobot ban nya. Ban yang memiliki kedalaman tread mencapai 3cm misalnya ukuran 11.00R20 22PR Winda WD126, dan 12.00R24 GCA2 ECED. Kami TIBERMAN memiliki ban dengan kekuatan yang baik sesuai kebutuhan dan selalu. Berikut ini ban otr atau off the road dengan kedalaman telapak yang cukup dalam dan memiliki traksi yang baik saat digunakan medan yang kurang baik.

Lihat Lainnya

Mau Konsultasi Gratis untuk memilih ban dengan kedalaman telapak yang terbaik untuk kendaraan truk Anda? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan info ban dan harga terbaik untuk Anda! Ban Alat Berat Terbaik Solusi Nomer #1 di Indonesia – Hanya di Tiberman (We Provide Solutions).

Hubungi Kami Sekarang

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *