APA ITU PLY RATING ? KENAPA SANGAT PENTING ?

APA ITU PLY RATING

Apa itu ply rating dalam dunia ban? Pada satu Ban Alat Berat, kita biasa mendengar istilah ply rating / PR. Ply rating (PR) adalah nilai kekuatan berdasarkan ketebalan lapisan komponen yang berada didalam ban. Misal, 10.00R20 16PR, angka 16 PR dimaksud dengan 16 ply rating. Dengan kode tersebut maka nilai dari lapisan komponen didalam ban baik bias maupun radial mempunyai nilai 16. Semakin tinggi ply rating suatu ban, maka akan semakin mahal pula sebuah ban. Dikarenakan kekuatan ban tersebut makin tinggi dalam menahan beban, sehingga tidak mudah bocor.

Ban dengan ply rating tinggi biasa digunakan pada kendaraan dengan angkutan muat yang berat atau alat berat yang membutuhkan tenaga yang tinggi. Ban dengan ply rating tinggi, biasanya tidak mudah dalam melakukan maneuver, karena memang ban tersebut kegunaannya difokuskan pada berat suatu muatan, bukan pada kecepatan dan maneuver. Sehingga butuh ban yang baik terutama untuk dump truck.

Semakin tinggi ply rating maka kekuatan ban tersebut dalam menahan angin akan semakin kuat. Ini yang menjadi salah satu alasan ban dengan ply rating tinggi mampu menahan beban yang sangat berat dibandingkan dengan ban yang ply rating rendah.

Banyak sekali ban yang beredar di pasar, memiliki ply rating rendah untuk menekan harga sebuah ban. Akan tetapi ban tersebut hanya digunakan dalam muatan yang dibawah rata-rata, sehingga kegunaannya pun, harus sangat berhati-hati.Pada akhirnya, harus memilih ban dengan pertimbangan harga dan kebutuhan sebuah alat berat. Alat berat  yang sering digunakan, dengan muatan yang tidak tentu sehingga rawan sekali mengalami kebocoran pada ban, maka lebih baik membeli ban dengan ply rating tinggi. Hal ini karena harga ban dengan plyrating tinggi tidak terpaut jauh dengan ban yang memiliki ban ply rating rendah. Ban dengan plyrating rendahpun, pada akhirnya akan dijual mahal dengan mangandalkan merk dari suatu ban, hal ini lazim dalam sebuah pasar, akan tetapi dalam membeli sebuah ban harus cerdik dan teliti, terutama mengenai kenapa sebuah ban alat berat menjadi mahal.

Mau Konsultasi Gratis untuk memilih ban dengan ply rating terbaik untuk kendaraan Anda? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan info ban dan harga terbaik untuk Anda! Ban Alat Berat Terbaik Solusi Nomer #1 di Indonesia – Hanya di Tiberman (We Provide Solutions).

Hubungi Kami Sekarang

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *